Dark/Light Mode

Jelang Pemilu 2024, Wapres Minta Ulama Ademkan Suhu Politik

Jumat, 3 November 2023 18:59 WIB
Wapres KH Ma`ruf Amin (Foto: Setwapres)
Wapres KH Ma`ruf Amin (Foto: Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menerima jajaran Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (03/11). Dalam pertemuan itu, Kiai Ma'ruf meminta para ulama mengademkan suhu politik jelang Pilpres 2024.

Jubir Wapres Masduki Baidlowi mengatakan, saat ini ada potensi terjadinya perpecahan di tengah masyarakat. Ada kemungkinan cenderung panas dan ada pembelahan-pembelahan di masyarakat. Karena itu, Wapres memberikan arahan kepada para ulama untuk mengambil peran dalam menyejukkan situasi politik yang kian menghangat saat ini.

"Wapres berharap bagaimana para tokoh ulama dan semua berperan aktif untuk mendinginkan suasana politik di bawah kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Masduki, dalam keterangan persnya, seusai mendampingi Wapres pada pertemuan tersebut.

Baca juga : Mau Cek Daftar Caleg Pemilu 2024, Begini Caranya

Masduki mencontohkan, salah satu perhatian Wapres adalah berbagai perdebatan di masyarakat yang kerap terjadi di dunia maya yang semakin meresahkan.

"Di medsos banyak sekali perdebatan yang seakan-akan silaturahmi tidak lebih penting ketimbang sebuah pilihan politik praktis yang jangka pendek," tuturnya.

Lebih lanjut, Masduki mengungkapkan, menjelang Pemilu 2024, Wapres juga berharap para pimpinan MUI tetap membawa lembaga yang menaungi para ulama ini untuk tetap mengambil sikap netral, di samping pilihan politik pribadi individu.

Baca juga : KPU Umumkan DCT Pemilu 2024, Segini Lho Jumlah Caleg DPR Dan DPD

Dalam pertemuan ini, Masduki mengungkapkan, dibahas juga mengenai rencana Rapat Paripurna MUI yang akan digelar dengan agenda utama pengesahan Kiai Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI.

"Kiai Anwar Iskandar yang sudah diputuskan sebagai Ketua Umum pengganti KH Miftachul Akhyar dalam rapat pleno, tinggal disahkan dalam rapat paripurna yang akan dipimpin Ketua Majelis Pertimbangan yang sekaligus adalah Wapres KH Ma'ruf Amin," pungkasnya.

Jajaran Pimpinan MUI yang diterima Wapres dalam pertemuan tersebut adalah Wakil Ketua Umum KH Marsudi Suhud, Wakil Ketua Umum Buya Basri Bermanda, Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Ulama KH Abdulah Jaidi, Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh, dan Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.