Dark/Light Mode

Anies-Imin Janjikan 15 Juta Lapangan Kerja Baru, Termasuk Green Jobs

Sabtu, 4 November 2023 15:38 WIB
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Foto: Instagram)
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menjanjikan penciptaan lapangan kerja yang berkualitas. Dengan menciptakan minimal 15 juta lapangan kerja baru, termasuk pekerjaan hijau atau green jobs pada 2025-2029, jika menang Pilpres 2024. Sebagaimana tercantum dalam Visi, Misi & Program Anies & Muhaimin: Indonesia Adil Makmur Untuk Semua.

Mengacu International Labour Organization (ILO), green jobs atau pekerjaan ramah lingkungan memiliki lima tujuan. Yaitu melindungi dan memulihkan ekosistem, meningkatkan efisiensi energi dan bahan baku, meminimalisir limbah dan polusi proses produksi, membatasi emisi gas rumah kaca, dan mendukung adaptasi perubahan iklim.

Contoh pekerjaan green jobs adalah ecopreneur, energy startup, dan konsultan energi.

Baca juga : Ary Ginanjar Paparkan Penguatan Budaya Kerja BerAKHLAK Di KPPPA

“Kami akan menciptakan lapangan kerja berkualitas di seluruh sektor, termasuk sektor industri manufaktur, guna menurunkan tingkat pengangguran terbuka dari 5,45 persen (Februari 2023) menjadi 3,5-4,0 persen (2029),” kata Anies-Imin dalam dokumen visi misi tersebut.

Pemetaan kebutuhan (jumlah dan kompetensi) tenaga kerja di masa mendatang dan upaya menyiapkan suplai tenaga kerja yang sesuai, akan dilakukan melalui kolaborasi pemerintah, swasta, dan dunia pendidikan.

Yang juga istimewa, Anies-Imin akan membentuk Skill Development Fund di bawah Kementerian Tenaga Kerja, bekerja sama dengan asosiasi industri untuk mempercepat pelatihan kerja dan mengembangkan profesi dan bisnis. Batas Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) akan dinaikkan secara rasional, untuk mendorong industri komponen lokal dalam membuka lapangan kerja berkualitas, melalui pelibatan dunia usaha.

Baca juga : Tensi Geopolitik Tinggi, OJK Pastikan Sektor Jasa Keuangan RI Terjaga Dan Stabil

Melalui penciptaan lapangan kerja berkualitas, Anies-Imin optimistis, dapat menurunkan proporsi pekerja sektor informal dari 60,12 persen (Februari 2023) menjadi 50 persen (2029).

Menata TKA

Anies-Imin berjanji akan menegakkan peraturan ketenagakerjaan untuk menata peran Tenaga Kerja Asing (TKA), termasuk dengan memberantas TKA illegal. Serta mendorong dunia usaha merekrut dan menstimulasi lebih banyak tenaga kerja lokal. Termasuk, dengan pembatasan dan disinsentif penggunaan TKA yang berlebihan.

Ekosistem kewirausahaan nasional yang mampu melahirkan berbagai usaha rintisan (start-up) dan pengusaha muda di berbagai bidang, khususnya sektor industri kreatif, juga akan dibangun.

Baca juga : Ditinggalkan Jokowi Dan Keluarga, Banteng Terluka Dalam

“Kami akan memberikan dukungan permodalan bagi wirausahawan muda, untuk menekan tingkat pengangguran terbuka,” ujar Anies-Imin.

“Kami juga akan memastikan setiap proyek pemerintah melibatkan tenaga kerja lokal, dengan pendekatan padat karya untuk program tertentu,” pungkas pasangan capres-cawapres itu. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.