Dark/Light Mode

Satu Suara Sangat Penting

Mahasiswa, Jangan Kampanye Golput!

Selasa, 7 November 2023 06:45 WIB
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Herwyn JH Malonda. (Foto: Dok. Bawaslu)
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Herwyn JH Malonda. (Foto: Dok. Bawaslu)

 Sebelumnya 
Dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, Pasal 515 bahwa mengajak orang lain untuk golput dapat dijerat pidana setelah memenuhi tiga un­sur standar dengan pidana 3 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 36 juta.

Dia mengatakan, mereka yang men­gajak golput dapat dipidana setelah me­menuhi tiga unsur atau syarat. Pertama, dengan sengaja menjanjikan atau mem­beri uang atau materil lainnya kepada pemilih agar tidak menggunakan hak pilihnya.

Kedua, dilakukan pada saat hari pe­mungutan suara (pencoblosan). Ketiga, merusak surat suara, sehingga surat suar­anya tidak sah atau tidak bisa dihitung.

Baca juga : Persija Vs PSM Makassar, Macan Kemayoran Harus Bangkit

“Jangan coba-coba mengintimidasi pemilih. Karena jika terbukti bersalah akan dipidana dan denda sesuai aturan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” imbuhnya.

Berdasarkan Pasal 531 UU Nomor 7 tahun 2017, setiap orang yang den­gan sengaja menggunakan kekerasan menghalangi seseorang untuk memi­lih, membuat kegaduhan, atau mencoba menggagalkan pemungutan suara maka akan dipidana paling lama 2 tahun dan denda paling banyak Rp 24 juta.

“Ini sanksinya luar biasa berat. Siapapun yang mencoba melakukan intimidasi terhadap pemilih pada saat pemungutan suara, bisa dijerat secara hukum,” tegasnya.

Baca juga : Tampung Keluhan Masyarakat, Pemuda Mahasiswa Ganjar Gelar Aksi Bakti Sosial

Pihaknya berharap, masyarakat pemilih di Barru agar tidak terpengaruh ajakan golput. Gunakanlah hak pilih dengan cerdas dan ikuti hati nurani.

“Karena suara Anda menentukan ke­berhasilan Pemilu 2024. Jangan golput dan pilihlah sesuai kata hati, karena kita bebas memilih tanpa ada intimidasi di dalamnya,” tutupnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 7/11/2023 dengan judul Satu Suara Sangat Penting, Mahasiswa, Jangan Kampanye Golput!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.