Dark/Light Mode

Dapil Jabar IV

Amankan Kursi, Pelantun Tenda Biru Harus Bersaing Dengan 106 Caleg

Sabtu, 11 November 2023 08:33 WIB
Desy Ratnasari (tengah). (Foto: Sophan Wahyudi/RM)
Desy Ratnasari (tengah). (Foto: Sophan Wahyudi/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persaingan ketat akan tersaji di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat (Jabar) IV, yang meliputi Kota dan Kabupaten Sukabumi, di Pemilu 2024. Tercatat ada 107 caleg yang bakal bersaing memperebutkan 6 kursi DPR. Persaingan ini akan melibatkan artis, politisi senior, sampai istri kepala daerah. Semua petahana maju kembali di dapil ini.

Dari artis, ada nama Desy Ratnasari. Pelantun "Tenda Biru" sekaligus kader PAN ini adalah calon petahana. Dia merupakan anggota DPR periode 2019-2024 dan periode 2014-2019.

Desy sangat populer di dapil ini, karena dia memang asal Sukabumi. Di Pileg 2019, Desy Ratnasari berhasil memperoleh 86.450 suara. Di Pemilu 2024, Desy Ratnasari mendapat nomor urut 1 dari PAN. Dia pun memaparkan alasannya kembali "nyaleg", salah satunya ingin meneruskan tanggung jawab untuk periode pemerintahan selanjutnya. 

Baca juga : Cuaca Besok Di Jakarta Apa Hujan Atau Panas? Berikut Prakiraan Lengkap BMKG

"Ibu saya menyampaikan, ketika diberikan kesempatan berbuat baik jangan dilewatkan," kata Desy. "Jadi saya berusaha semaksimal mungkin bermanfaat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak, baik ke pemilih saya atau yang tidak memilih saya," lanjutnya.

Dari kalangan politisi, ada nama Ribka Tjiptaning dari PDIP, Heri Gunawan dari Gerindra, Dewi Asmara dari Golkar, Muhammad Muraz dari Demokrat, dan Slamet dari PKS. Mereka juga calon petahana.

Di Pileg 2019, Ribka Tjiptaning meraih 42.125 suara. Lalu, Heri Gunawan tampak dominan dengan 113.480. Dewi Asmara meraih 77.264 suara. Muhammad Muraz memperoleh 42.130. Sementara Slamet memperoleh 51.403 suara.

Baca juga : NasDem Turunkan Anak Menteri, Diah Pitaloka Mengaku Tak Resah

Dengan suara besar di Pileg 2019, Heri Gunawan optimistis bisa kembali duduk di Senayan pada 2024. "Yang pasti kami akan tetap setia berjuang bersama rakyat,” tutur pria yang akrab disapa Hergun ini. 

Sedangkan Dewi Asrama terlihat memaksimalkan media sosial untuk ajang promosi dan branding. Ia aktif main Instagram. Pada unggahan terakhirnya, Dewi mengucapkan Selamat Hari Pahlawan. 

"Pengabdian kalian kepada bangsa ini tertanam dalam hari kami. Kami para generasi muda siap menjadikan kalian sebagai inspirasi kami," tulisnya. 

Baca juga : Ganjar Akan Inventarisir Pulau-Pulau Terluar, Lalu Namai Dengan Nama Indonesia

Sementara, sosok sosok istri kepala daerah yang maju di dapil ini adalah Fitri Hayati, istri Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Dia diusung PKS. Nantinya, Fitri Hayati akan bersaing dengan petahana dari partainya sendiri, yakni Slamet.

Tokoh daerah tersohor lainnya yang akan ikut bersaing di Dapil Jabar 4 di antaranya anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari PKB Anwar Sadad, kemudian Abdul Muiz dari PKS, hingga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi Iman Adinugraha.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Sabtu (11/11) dengan judul “Dapil Jabar IV: Amankan Kursi, Pelantun "Tenda Biru" Harus Bersaing Dengan 106 Caleg”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.