Dark/Light Mode

Bicara Di Gagas RI Kampus Kompas

Mahfud MD: Strong Leadership Kunci Atasi Persoalan Penegak Hukum

Kamis, 23 November 2023 20:12 WIB
Mahfud MD pada acara Gagas RI Kampus Kompas bertajuk Pemimpin Bicara Bangsa di Airlangga Convention Center, Kampus C Universitas Airlangga Unair, Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/11/2023) malam. (Foto: Ist)
Mahfud MD pada acara Gagas RI Kampus Kompas bertajuk Pemimpin Bicara Bangsa di Airlangga Convention Center, Kampus C Universitas Airlangga Unair, Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/11/2023) malam. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud MD menyoroti persoalan integritas para aparat penegak hukum yang bermasalah. Perlu adanya kepemimpinan yang kuat atau strong leadership di dalam penegakan hukum.

Hal ini diungkapkan Mahfud MD pada acara Gagas RI Kampus Kompas bertajuk "Pemimpin Bicara Bangsa" di Airlangga Convention Center, Kampus C Universitas Airlangga (Unair), Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/11/2023) malam.

Menurut Mahfud, beragam persoalan penegak hukum yang mencoreng konstitusi di Indonesia. Sering kali aparat penegak hukum menjadi mafia kasus, bahkan melakukan tindak pidana korupsi.

Baca juga : Yenny Wahid: Mahfud MD Warisi Keberanian Gus Dur

Aparat hukum (legal structure) merupakan salah satu dari tiga komponen pembangunan hukum yang menentukan berhasil tidaknya penegakan hukum di suatu negara.

Sementara dua komponen lainnya adalah substansi hukum (legal substance), dan budaya hukum (legal culture). 

"Legal substance, isi aturan hukum kita udah banyak, bagus-bagus. Masalah nya mungkin ada tumpang tindih tapi semua apapun yang kita butuhkan sudah ada aturannya. Tetapi masalahnya ada di legal structure nya. Aparat penegak hukum kita tadi yang korup itu," kata Mahfud MD.

Baca juga : Mahfud Ingatkan Pentingnya Penegakan Hukum Dan Pemilu Bermartabat

Mahfud MD mengungkapkan strong leadership di dalam penegakan hukum merupakan seorang pemimpin yang berintegritas, jujur, bermoral dan mampu mengelola perubahan untuk menguatkan misi lembaga tersebut dan menciptakan harapan dari masyarakat.

"Sehingga kalau anda tanya kepada saya terus mulai dari mana? Itu tadi mulai dari strong leadership di dalam penegakan hukum. Arahnya ke mana? Satu ke atas kepada para pebisnis, kepada para pejabat itu harus dilakukan penegakkan hukum dan kepastian hukum," ungkap dia.

Tanpa adanya hal tersebut, maka yang tersisa hanyalah harapan kecil bagi kepercayaan dan legitimasi untuk dirasakan oleh masyarakat. 

Baca juga : Bicara Di Rakornas Kepala BPSDM Se-Indonesia, Ini Pesan Waka BPIP

Mahfud MD menyebut jika penegakan hukum dilakukan dengan benar, maka setengah permasalahan bangsa tuntas. Kepastian dan penegakan hukum ke atas serta perlindungan hukum bagi masyarakat kecil merupakan hal penting untuk memastikan kemakmuran juga keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ini sesuai dengan komitmen visi misi Ganjar-Mahfud yang akan memberikan jaminan hukum seluas-luasnya bagi rakyat dalam memperjuangkan hak- hak konstitusionalnya.

"Ke bawah ke rakyat kecil yang hak-hak nya selalu di rampas tanpa alasan hukum yang benar itu kita berikan perlindungan hukum. Jadi ke atas penegakkan dan kepastian, ke bawah perlindungan itu saja arahnya nanti. Kalau itu sudah bisa dilaksanakan dengan baik maka saya kira hampir semua persoalan dipenegakkan hukum itu bisa diatasi," tutup dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.