Dark/Light Mode

Survei Bukan Hasil Pemilu Sesungguhnya

Gerindra Nggak Terlena

Selasa, 28 November 2023 07:30 WIB
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (tengah). (Foto: Antara)
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (tengah). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Di dalam rilis survei teranyarnya itu, SPIN mencatat di posisi kedua ditempati psalon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan dipilih responden sebanyak 26,1 persen. Ada selisih sebesar 16,9 persen antara Prabowo-Gibran dengan Ganjar Mahfud.

Sementara, duet Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar, meraih 22,7 persen.

Menurutnya, duet Ganjar-Mahfud bisa dikatakan mengalami kondisi yang stagnan dan semakin tertinggal jauh. Bahkan, survei SPIN juga menyatakan berpotensi disalip pasangan calon Anies-Muhaimin.

Baca juga : Survei Voxpopuli: Elektabilitas 18,6 Persen, Gerindra Berpotensi Menang Pemilu

Bahkan, Survei SPIN juga turut menganalisa jika terjadi Pilpres dua putaran, yang akan bertarung hanya tersisa pasangan calon Prabowo-Gibran versus Anies-Muhaimin.

Survei SPIN juga mengungkap data perihal persebaran elektabilitas dari lintas generasi terha­dap pasangan Capres-Cawapres.

Hasilnya, Prabowo-Gibran menjadi favorit dari lintas generasi. Dimulai dari Gen Z, Gen Y (Milenial) dan Gen X.

Baca juga : Survei: PSI Wakili Anak Muda, Gerindra Terbaik Di Parlemen

“Pasangan calon Prabowo-Gibran mendapat dukungan ter­besar dari generasi muda Z 48,4 persen, Y (Milenial) 48,5 persen dan X 40,7 persen,” papar Igor.

Diketahui, sebanyak 56,0 persen DPT Pemilu 2024 mayoritas diisi Gen Z dan Gen Y sehingga sangat tepat bagi Prabowo menunjukkan komit­mennya mengakomodir Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapresnya yang mewakili generasi muda.

Survei ini dilakukan periode 1-10 November 2023 dengan wilayah sebaran sampel terse­bar di 38 Provinsi di Seluruh Indonesia.

Baca juga : Apresiasi Inflasi Oktober Terkendali, Mendagri Minta Kepala Daerah Tak Terlena

Adapun, jumlah sampel se­banyak 2178 responden di­lakukan dengan teknik sampel Multistage Random Sampling dibantu dengan Bantuan Kuisioner. Margin of Error survei ini kurang lebih 2,1 persen denganLevel of Confidence sebesar 95 persen.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 28/11/2023 dengan judul Survei Bukan Hasil Pemilu Sesungguhnya, Gerindra Nggak Terlena

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.