Dark/Light Mode

Survei PatraData: 61,1 Persen Basis Pendukung Prabowo-Gibran Tersedot Anies-Imin

Kamis, 2 November 2023 21:18 WIB
Prabowo-Gibran dan Anies-Imin (Foto: Istimewa)
Prabowo-Gibran dan Anies-Imin (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Uji perpindahan suara yang dilakukan Survei Nasional PatraData terhadap tiga pasangan capres-cawapres yang berlaga di Pilpres 2024: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menunjukkan, sebanyak 61,1 persen basis pendukung Prabowo-Gibran tersedot oleh Anies-Imin. Yang beralih ke Ganjar-Mahfud, hanya 18,2 persen. Yang belum menentukan pilihan, ada 20,7 persen.

 

Sumber: PatraData

Baca juga : ReJO Siap Menangkan Prabowo-Gibran Di Pilpres


Sebaliknya, basis pasangan Anies-Muhaimin yang pindah ke pasangan Prabowo-Gibran, mencapai 42,9 persen. Lebih banyak dibanding yang beralih ke pasangan Ganjar-Mahfud, yang hanya 40,2 persen. Sedangkan yang belum menentukan pilihan, ada 16,8 persen.  

Bagaimana dengan suara Ganjar-Mahfud? Pendukung Ganjar-Mahfud yang beralih ke pasangan Anies-Imin, mencapai 57,3 persen. Jauh lebih banyak, ketimbang yang hengkang ke pasangan Prabowo-Gibran, yang hanya 19,8 persen. Sedangkan yang belum menentukan pilihan, mencapai 22,8 persen.

Baca juga : Prabowo Unggul di Simulasi Head to Head Lawan Ganjar Maupun Anies

Survei Nasional PatraData yang dijalankan pada 25-30 Oktober 2023, atau setelah masa pendaftaran capres-cawapres pada 19-25 Oktober 2023, melibatkan 1.220 sampel responden yang dipilih secara acak dari kumpulan database nomor telepon yang dimiliki PatraData.

Survei ini menggunakan asumsi simple random sampling, dengan toleransi kesalahan (margin of error – MoE) sebesar ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Survei PatraData: Prabowo-Gibran Teratas, Elektabilitas Naik Setelah Daftar KPU

Quality control dilakukan dengan menelepon ulang responden (call back) sebanyak 20 persen dari total sampel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.