Dark/Light Mode

Bawaslu Larang Black Campaign

Silakan, Kampanye Sebanyak-banyaknya

Selasa, 28 November 2023 06:45 WIB
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja memberi sambutan dalam pembukaan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Jakarta, Senin (27/11/2023). Rakor tersebut bertema Gakkumdu Mengawal Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU)
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja memberi sambutan dalam pembukaan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Jakarta, Senin (27/11/2023). Rakor tersebut bertema Gakkumdu Mengawal Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU)

 Sebelumnya 
Lebih lanjut, Bagja menjelaskan, Rakornas Gakkumdu bertujuan untuk meningkatkan soliditas, menyamakan pemahaman dan persepsi dalam penegakan hukum pemil. Tentu saja, sebagai salah satu unsur utama dalam mewujudkan keadilan pemilu.

“Pemilu 2024 merupakan gelaran pemilu keempat untuk eksistensi Gakkumdu. Dimulai dari Pemilu 2009 yang diikat dengan nota kesepahaman sampai saat ini. Gakkumdu telah melakukan koordinasi menyamakan pemahaman,” ujarnya.

“Pelatihan kepada seluruh penyidik yang tergabung dalam sentra Gakkumdu, pemenuhan secara prasarana, sosialisasi peraturan Bawaslu Nomor 3 sampai dengan pelatihan panwas luar negeri telah dilakukan oleh sentra Gakkumdu,” sam­bung Bagja.

Baca juga : Silakan Kampanye Pakai Bahasa Difabel

Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengingatkan Bawaslu dan Gakkumdu netral menga­wasi kampanye. Dia berharap Bawaslu, Gakkumdu objektif, tidak memihak dan menjadi wasit yang jujur.

“Jadi, pemilu (berjalan) bersih, pemilu adil, pemilu damai” katanya.

Menurut Cak Imin, jika lembaga pengawas pemilu tidak bersikap netral, maka dapat menyebabkan kekacauan demokrasi di Tanah Air. Kejujuran harus dijunjung tinggi.

Baca juga : Hadapi Ancaman Siber, Synology Hadirkan Solusi Keamanan Data

“Kita tidak ingin mulai dari nol. Karena itu. Gakkumdu, semua apparat, penye­lenggara, KPU terutama garis indepen­den, sekali ada kecurangan, rakyat marah, itu yang bahaya,” tutur Cak Imin.

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto meyakini Bawaslu dan lembaga penyelenggara pemilihan umum lainnya, bisa menyelenggarakan Pemilu 2024 dengan baik. Yaitu, menyelenggarakan pemilu yang bersih, jujur dan adil. “Tanpa kecurangan apa pun,” ujar Prabowo.

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo berharap Sentra Gakkumdu selaku pengawas menjalankan komitmen yang telah disepakati bersama para calon presiden dan calon wakil presiden dengan sung­guh-sungguh.

Baca juga : Relawan Mas Gibran Gelar Pembagian Sembako Di Riau, Kepri Dan Jatim

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 28/11/2023 dengan judul Bawaslu Larang Black Campaign, Silakan, Kampanye Sebanyak-banyaknya

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.