Dark/Light Mode

Kampanye Pemilu 2024 Dimulai Hari Ini

Di Atas Sudah Damai Di Bawah Harus Rukun

Selasa, 28 November 2023 08:20 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy’ari (tengah) beserta ketiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden menandatangani naskah Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Senin (27/11/2023). (Foto: Antara)
Ketua KPU Hasyim Asy’ari (tengah) beserta ketiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden menandatangani naskah Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Senin (27/11/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kampanye Pemilu 2024 resmi dimulai hari ini. Ketiga Capres-Cawapres pun sudah meneken komitmen pemilu damai. Jika yang di atas saja sudah damai, yang di bawah harusnya rukun.

Penandatanganan nota kesepakatan kampanye pemilu damai digelar di Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta, Senin (27/11/2023). Kegiatan bertemakan “Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2024” ini digelar atas inisiasi Bawaslu.

Kegiatan ini diikuti oleh ketiga Capres-Cawapres dan perwakilan partai politik. Selain itu hadir juga Panglima TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga : PB HMI MPO: Anak Muda Pertimbangkan Gagasan Capres-Cawapres

Muhaimin Iskandar menjadi peserta Pemilu yang datang pertama. Cawapres Anies Baswedan ini tiba pukul 08.48 WIB. Cak Imin-sapaan akrabnya-terlihat mengenakan kemeja putih lengan panjang, dibalut jas berwarna hitam dan peci warna senada. Cak Imin tidak datang sendirian. Dia ditemani sejumlah elite PKB.

Beberapa menit kemudian, Capres no urut 1, Anies Baswedan datang menyusul. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tiba dengan mengenakan seragam yang persis seperti Cak Imin. Anies juga ditemani elite parpol pengusung.

Cak Imin sempat berbincang dengan media. Dia bilang, ini momen paling penting dalam Pemilu karena menandai dimulainya kampanye. “Mari kita yakinkan masyarakat dengan gagasan program dan rencana-rencana penting,” kata Cak Imin sebelum memasuki ruang utama acara.

Baca juga : Jakarta Ingin Miliki Iklim Demokrasi Yang Sehat Sebagai Barometer Nasional

Setelah itu, giliran pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang datang. Keduanya datang tidak secara bersamaan. Mahfud datang terlebih dulu. Dia tiba pukul 08.56 WIB. Mahfud mengenakan setelan kemeja putih lengan panjang dengan celana bahan berwarna hitam.

Beberapa saat setelahnya, giliran Ganjar menyusul. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu tampil beda dengan Mahfud. Ganjar memilih mengenakan kemeja hitam dan celana warna cokelat muda. Ganjar kemudian naik tangga ke tempat acara yang ada di lantai dua.

“Mau olahraga,” singkat Ganjar ketika ditanya wartawan kenapa memilih tangga ketimbang eskalator untuk menuju ruang acara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.