Dark/Light Mode

Ganjar Canangkan Program 1 Desa, 1 Faskes, 1 Nakes Pada Kampanye Perdana

Selasa, 28 November 2023 07:50 WIB
Capres no urut 3 Ganjar Pranowo (tengah berpeci) saat menemui warga di Jakarta. (Foto: Instagram Ganjar Pranowo)
Capres no urut 3 Ganjar Pranowo (tengah berpeci) saat menemui warga di Jakarta. (Foto: Instagram Ganjar Pranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo mencanangkan program 1 Desa, 1 Faskes, 1 Nakes, pada kampanye pertama Pilpres 2024 yang dimulai Selasa (28/11/2023).

Program ini berangkat dari kenyataan masih banyaknya masyarakat yang belum mendapatkan layanan kesehatan yang dekat, cepat, murah dan baik.

Melalui Misi 1 Gerak Cepat, pasangan ini mengintegrasikan telemedicine ke dalam program kesehatan jiwa dan raga, dengan inisiatif seperti 1 Desa, 1 Faskes, dan 1 Nakes.

Baca juga : Hasil 3 Riset Tunjukkan Program Kartu Prakerja Sangat Bermanfaat

Pasalnya, layanan yang dekat, cepat, murah dan baik, hanya mungkin jika tenaga dan fasilitas kesehatan tersedia di setiap desa. Khususnya di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Pada visi misi yang yang diusung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024, rakyat harus mudah mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama.

Memetakan kebutuhan penyediaan ataupun revitalisasi puskesmas di setiap desa. Disertai dengan ketersediaan dokter, tenaga kesehatan, dan obat esensial, serta percepatan digitalisasi layanan kesehatan (telemedicine).

Baca juga : Persilakan Ajukan Praperadilan, KPK: Hak Pak Firli Lakukan Perlawanan

Ganjar menyatakan, saat ini sakit menjadi kekhawatiran utama setiap keluarga di Indonesia. Anggota keluarga yang sakit tidak bisa berproduksi, dan anggota keluarga yang sehat harus merawat yang sakit.

Berdasarkan fakta tersebut, menurut pasangan Ganjar-Mahfud MD, idealnya di setiap desa ada 1 fasilitas kesehatan, dan minimal satu tenaga kesehatan profesional.

Program ini merupakan komitmen Ganjar dan Mahfud untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.