Dark/Light Mode

Semua Capres Diminta Utamakan Kesejahteraan Guru

Selasa, 28 November 2023 19:16 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik dari Universitas Airlangga, Prof Kacung Marijan mendorong ketiga capres-cawapres untuk memahami akar masalah di dunia pendidikan.

Termasuk, komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan guru mengaji dan guru agama lain.

“Ya, saya sih nantinya positif. Hanya, semua calon harus memahaminya secara komprehensif, tidak parsial," kata Prof Kacung, Selasa (28/11/2023).

Menurutnya, isu pendidikan sangat kompleks. Sehingga perlu komitmen serius untuk membenahi sistem pendidikan di Indonesia.

Baca juga : Cawapres Nomor Urut 3 Canangkan Program Dana Guru Ngaji

“Tantangan pendidikan kita itu kompleks, mulai kualitas pendidikannya, sarana prasarana yang terbatas, sampai kualitas pendidik nya juga terbatas,” akunya.

Kacung berharap, bukan cuma guru agama yang jadi prioritas. Melainkan semua guru yang mengabdikan ilmunya untuk anak-anak Indonesia.

“Apa pun jenis gurunya, agama atau bukan," imbuh Prof Kacung.

Dia juga mengajak seluruh paslon melihat keadaan di lapangan bagaikan pahlawan tanda jasa bekerja dan mengabdikan diri pada bangsa.

Baca juga : Pemprov Jateng Gelar Deklarasi Pemilu Damai, Hasilkan 4 Poin Kesepakatan

“Mereka harus mendengar cerita dan harapan para guru sehingga nantinya melahirkan kebijakan yang berkelanjutan,” sebut dia.

Menurut Kacung, dalam hal kontestasi dan elektoral, isu kesejahteraan guru menjadi isu yang seksi.

“Karena yang terkait itu libatkan jutaan orang, sektor pendidikan dikaitkan kepentingan elektoral,” ungkap Kacung.

Namun, dia mendorong para capres maupun cawapres tak sekadar melempar janji, tetapi akan menepatinya saat berkuasa.

Baca juga : Hari Guru, Pemerintah Dorong Percepatan Kesejahteraan Guru

“Siapapun pemenangnya, ya memang harus berusaha merealisasikannya.” imbau Kacung.

Sebelumnya, hari pertama kampanye, cawapres nomor urut 3, Mahfud MD berjanji untuk meningkatkan kesejahteraan guru mengaji dan tenaga pendidik keagamaan lainnya. Tujuannya agar bisa setara dengan guru lain.

“Kami sudah mencantumkan program unggulan untuk Aceh, yaitu Program Unggulan Guru Ngaji. Program itu akan menghitung secara cermat, menyediakan secara sungguh-sungguh dana untuk para ustad," papar Mahfud di Sabang, Aceh, Selasa (28/11/2023).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.