Dark/Light Mode

Gelar Seminar dan Workshop

Unkris Dorong Tumbuhnya Semangat Kewirausahaan Mahasiswa

Rabu, 22 November 2023 21:46 WIB
Rektor Unkris Ayub Muktiono (berdiri tengah) berfoto bersama peserta Seminar dan Workshop Kewirausahaan sebagai Bentuk Investasi Modal Manusia, Rabu (22/11). (Foto: Dok. Unkris)
Rektor Unkris Ayub Muktiono (berdiri tengah) berfoto bersama peserta Seminar dan Workshop Kewirausahaan sebagai Bentuk Investasi Modal Manusia, Rabu (22/11). (Foto: Dok. Unkris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Krisnadwipayana (Unkris) terus mendorong tumbuhnya semangat kewirausahaan bagi seluruh mahasiswa. Salah satunya melalui Seminar dan Workshop bertema “Kewirausahaan sebagai Bentuk Investasi Modal Manusia”, Rabu (22/11). Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan, wawasan, dan kemampuan untuk menjadi pengusaha yang sukses di masa depan.

Seminar dan Workshop yang dimoderatori Susetya Herawati tersebut dihadiri Wakil Rektor III Unkris Parbuntian Sinaga, Presiden Mahasiswa Unkris Pier Lailossa, Menteri Ekonomi Kreatif dan Investasi BEM Unkris Alfian Andri Saputra. Tampil sebagai narasumber Rigel Pawallo, Founder & CEO Toko Wadah sekaligus Dirut PT Gamila Buana Nusantara dan Ketua Umum HIPMI Kota Bekasi, serta Ratno Setiawan, Founder IndonesiaCommodity. 

Dalam sambutan pengantarnya, Rektor Unkris Ayub Muktiono menyampaikan komitmen Unkris untuk mendorong mahasiswa menjadi wirausahawan yang sukses terus dilakukan dengan berbagai cara. Tidak hanya melalui perkuliahan, tetapi juga membuka peluang kerja sama dan kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri.

“Alhamdulillah Unkris bersinar. Program kewirausahaan yang terus digelorakan sudah menghasilkan banyak program hibah, baik dari Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga), LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi), program Komsos Kreatif, Program Kewirausahaan Bersama Pemkot Bekasi, dan sebagainya,” ujarnya.

Baca juga : EUDR, RSPO Dan ISPO Dorong Kepatuhan Perusahaan Benahi Tata Kelola Sawit

Bertambahnya dana hibah yang diperoleh ini seiring makin antusiasnya mahasiswa Unkris untuk belajar dan berkompetisi dalam berbagai program kewirausahaan. “Ke depan, hasil-hasil wirausaha mahasiswa akan kita siapkan display produknya,” lanjut Ayub. 

Menurutnya, kewirausahaan mengajarkan mindset pada mahasiswa untuk tidak malas, terus belajar kemajuan teknologi, kemauan keras untuk berusaha karena semua butuh proses, tidak bisa instan. Unkris saat ini terus menggelorakan semangat para pendiri yaitu membentuk manusia pembelajar, berbudi pekerti, keinsyafan batin yang berfaedah bagi masyarakat.

“Nah, kewirausahaan mahasiswa harus mampu memberikan manfaat bagi masyarakat. Percayalah bahwa setiap ada masalah di sana ada peluang,” ucap Ayub.

Ia juga mengingatkan bahwa mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat terutama berkaitan dengan artificial intelligence (AI). Teknologi AI dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendukung promosi produk dan membangun networking.

Baca juga : Yenny Sebut Ganjar-Mahfud Dorong Santri Terampil dan Mandiri

Presiden Mahasiswa Pier Lailossa, didampingi Ketua Pelaksana Seminar dan Workshop Hizbi Auliya Rahman, mengajak semua mahasiswa Unkris untuk memanfaatkan kesempatan yang ada guna mengembangkan diri dan menumbuhkan semangat berwirausaha. “Belajar saja tidak cukup, tentu harus pula dibarengi dengan praktik,” katanya.

Dalam paparannya, Ratno Setiawan mengaku, awal mula terjun menjadi pengusaha karena faktor terpaksa. “Saya memulai bisnis istilahnya bermodal the power of kepepet. Saya harus banting setir dari status karyawan pada zona nyaman, menjadi pedagang akibat pandemi,” katanya.

Ia memilih bisnis gerai kopi dengan pertimbangan di sekitarnya banyak penghasil kopi. Kini Ratno sudah memiliki 3 gerai coffee shop bahkan produknya sudah mulai diekspor.

Sedang Rigel sudah mulai menjajal dunia bisnis sejak masih berada di bangku kuliah. Kini selain berbisnis, Rigel banyak diminta menjadi inspirator dan motivator bagi generasi muda yang akan menjadi seorang wirausahawan.

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Dan Ratusan Warga Kupang Doakan Kemenangan Ganjar-Mahfud

Usai mengikuti seminar dan workshop, peserta berkesempatan melihat proses roasting kopi sekaligus mencicipi produk kopi milik Ratno Setiawan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.