Dark/Light Mode

Genjot SDM Sehat dan Unggul, Ganjar-Mahfud Janjikan Satu Desa, Satu Faskes

Rabu, 29 November 2023 07:08 WIB
Capres no urut 3 Ganjar Pranowo saat berkampanye di Merauke, Selasa (28/11/2023)
Capres no urut 3 Ganjar Pranowo saat berkampanye di Merauke, Selasa (28/11/2023)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mencanangkan program satu desa, satu fasilitas kesehatan (faskes).

Menurut Ganjar-Mahfud, tersedianya fasilitas kesehatan yang memadai merupakan prasyarat untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan unggul.

Ganjar mengatakan, dirinya bersama Mahfud ingin memeratakan akses kesehatan hingga ke pedesaan dan daerah terpencil.

Baca juga : Abuya Muhtadi Nyatakan Dukung Ganjar-Mahfud Di Pilpres 2024

Makanya Ganjar mencanangkan kebijakan satu desa, satu faskes, satu tenaga kesehatan (nakes), dan kalau bisa ditambah satu dokter.

"Apakah cukup? Tidak. Sistem transportasi dan konektivitas yang bisa membuat berubah inilah awal dari investasi besar, agar masyarakat Indonesia menjadi sehat,” kata Ganjar saat memulai kampanye perdananya di Merauke, Papua, Selasa (28/11/2023).

Menurut Ganjar, sakit menjadi kekhawatiran utama masyarakat Indonesia. Baik yang tinggal di perkotaan maupun di pedesaan.

Baca juga : Awali Kampanye Di Ujung Timur Indonesia, Ganjar Janjikan Kesetaraan Pembangunan

Pasalnya, anggota keluarga yang sakit menjadi tidak produktif. Selain itu, anggota keluarga yang tidak sakit jadi ikut tidak produktif karena harus merawat yang sakit.

Ganjar menambahkan, idealnya di setiap desa terdapat satu unit faskes yang layak dan minimal seorang nakes profesional.

Dengan demikian, masyarakat desa bisa menjadi lebih sehat, semakin produktif, dan lebih sejahtera.

Baca juga : Ini 3 Makna Kampanye Ganjar-Mahfud di Sabang dan Merauke

"Program ini adalah bagian dari komitmen Ganjar-Mahfud untuk membangun sumber daya manusia (SDM) desa," tegas mantan gubernur Jawa Tengah itu.

Sekadar informasi, saat ini fasilitas kesehatan telah bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk memberikan layanan medis kepada peserta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.