Dark/Light Mode

Ini 3 Makna Kampanye Ganjar-Mahfud di Sabang dan Merauke

Selasa, 28 November 2023 12:17 WIB
Capres no urut 3 Ganjar Pranowo (tengah) saat berkampanye dengan warga di sebuah desa di Merauke, Selasa (28/11/2023). (Foto: Instagram ganjar pranowo)
Capres no urut 3 Ganjar Pranowo (tengah) saat berkampanye dengan warga di sebuah desa di Merauke, Selasa (28/11/2023). (Foto: Instagram ganjar pranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD memilih memulai kampanye di Sabang, Aceh dan Merauke, Papua, Selasa (28/11/2023).

Meskipun berada di tempat terpisah, pasangan calon yang diusung PDIP, PPP, Perindo dan Hanura ini memulai kampanye yang sarat makna.

Berikut 3 makna kampanye Ganjar-Mahfud di Sabang dan Merauke:

1. Terinspirasi Lagu Dari Sabang Sampai Merauke

Baca juga : Mahfud MD Kampanye Perdana Di Sabang

Dua tempat terujung di Barat Indonesia dan Timur Indonesia, Sabang dan Merauke, dipilih Ganjar-Mahfud untuk memulai kampanye Pilpres 2024 karena terinspirasi lagu "Dari Sabang Sampai Merauke". Kampanye Ganjar dipusatkan di Distrik Semangga, Waninggap Nanggo, Kecamatan Semangga, Kabupaten Merauke, Papua.

Adapun kampanye Mahfud dilangsungkan di Pasi Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Ganjar-Mahfud mengirim pesan kuat bahwa meskipun keberadaan Ganjar di Merauke, dan Mahfud di Sabang, keduanya menghubungkan Indonesia dari ujung Barat hingga ujung Timur.

2. Sila ke-3 Pancasila

Baca juga : Jelang Masa Kampanye, Kaesang Minta Gibran Senyum Lebih Lebar

Melalui kampanye di Sabang dan Merauke, Ganjar-Mahfud mengirimkan pesan sebagaimana tersirat dalam Sila ke-3 Pancasila: Persatuan Indonesia.

Hal ini menunjukkan komitmen pasangan Capres-Cawapres ini untuk memajukan seluruh rakyat Indonesia melalui pemerataan pembangunan di desa dan di kota, maupun dari ujung Barat hingga ujung Timur Indonesia.

3. Titik Awal Ganjar memilih kampanye dari sebuah desa di Merauke, Papua, yang menjadi tempat paling awal menyambut matahari. Tempat di mana rakyatnya paling awal memulai kerja dan usaha.

"Tempat ini dipilih sebagai simbol harapan dan titik awal menuju Indonesia yang lebih baik," kata Ganjar, Selasa (28/11/2023).

Baca juga : Ganjar Awali Kampanye Di Sebuah Desa Di Merauke

Sedangkan Mahfud memulai kampanye dari Sabang, di Aceh, yang merupakan tempat paling Barat di Indonesia. Juga, menjadi pintu masuk ke Nusantara di masa lalu.

"Ini juga menjadi titik awal berdirinya kerajaan Islam pertama di Nusantara," ujar Mahfud. UMM

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.