Dark/Light Mode

Siapkan Strategi, Ganjar-Mahfud Janji Tekan Angka Kemiskinan Ekstrem

Kamis, 30 November 2023 11:47 WIB
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat berbicara dengan anak-anak di Merauke, Selasa (28/11/2023). (Foto: Instagam ganjar pranowo)
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat berbicara dengan anak-anak di Merauke, Selasa (28/11/2023). (Foto: Instagam ganjar pranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkomitmen menekan angka kemiskinan menjadi 2,5 persen dan kemiskinan ektrem menjadi 0 persen.

Komitmen tersebut tertuang dalam visi misi Ganjar-Mahfud yang diserahkan ke KPU, saat mendaftar sebagai peserta Pilpres 2024 mendatang.

Ganjar mengaku pihaknya telah mempersiapkan sejumlah strategi untuk mencapai target kemiskinan 2,5 persen dan kemiskinan ekstrem 0 persen.

Baca juga : Pegiat HAM: Program Ganjar-Mahfud Jawab Persoalan Masyarakat

Yakni mulai dari memperluas jumlah penduduk yang mendapat bantuan sosial menjadi 15 juta jiwa, serta menyiapkan dana abadi untuk kesejahteraan sosial.

“PKH (program keluarga harapan) akan kami tingkatkan dari 10 juta penerima menjadi 15 juta penerima. Cukup menggunakan NIK sebagai identitas tunggal yang mengintegrasikan seluruh pemberian jaminan sosial bantuan dan layanan dari Pemerintah,” kata Ganjar dalam keterangannya, Rabu (29/11/2023).

Selain itu, Capres yang diusung PDIP, PPP, Hanura dan Perindo itu menjamin ada 17 juta lapangan kerja baru yang bakal dibuka.

Baca juga : Lestari: Butuh Langkah Strategis Wujudkan Lingkungan Ramah Disabilitas

"Kami akan memastikan penyerapan angkatan kerja baru dengan optimal. Kami akan memastikan setiap warga cepat mendapat pekerjaan," sebut mantan gubernur Jawa Tengah itu.

Sekadar informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) sempat merilis keberhasilan Ganjar dalam menekan angka kemiskinan saat menjabat sebagai orang nomor 1 di Jawa Tengah.

BPS menyebut kemiskinan Jateng di 2023 tersisa 10,93 persen atau setara 3.83 juta jiwa. Jumlah tersebut turun dibanding tahun 2022 yang mencapai 4,1 juta jiwa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.