Dark/Light Mode

Sambangi Sabang

Mahfud MD Refleksikan Perjuangan Rakyat Aceh Raih Kemerdekaan Indonesia

Selasa, 28 November 2023 14:13 WIB
Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD mengawali kampanye di tepi laut Pasi Jaboi, Jalan Balongan, Desa jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh, Selasa (28/11/2023). (Foto: Ist)
Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD mengawali kampanye di tepi laut Pasi Jaboi, Jalan Balongan, Desa jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh, Selasa (28/11/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tepi laut Pasi Jaboi, Jalan Balongan, Desa jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh terdengar riuh. Lawatan Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD pada momentum perdana kampanye membawa harapan baru bagi warga bagian paling barat Indonesia.

Selasa, (28/11/2023) ribuan masyarakat menyambut kedatangan Mahfud MD dengan penuh kegembiraan. Lantas, Mahfud menyapa dengan hangat warga setempat menggunakan bahasa aceh.

Baca juga : Robustel Gandeng Wahana Hadirkan Alat Konektivitas Tahan Banting Ke Indonesia

Mahfud mengungkapkan Nusantara terdiri dari berbagai pulau, beragam bahasa, dan suku bangsa. Persatuan dari masing-masing daerah dan suku bangsa sama-sama berjuang demi kemerdekaan RI.

"Terutama untuk mengenang bangsa Aceh, rakyat Aceh yang dulu disebut bangsa Aceh kemudian sekarang menjadi bagian dari Bangsa Indonesia bersama suku bangsa yang lain untuk membangun Indonesia secara bersama-sama," ucap Mahfud dalam sambutannya.

Baca juga : Mahfud MD Kasih Gibran Buku Pegangan Saat Jadi Ketua MK

Bangsa Aceh, lanjut Mahfud, memiliki kontribusi yang sangat besar sebagai modal utama dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

"Aceh selain tempat pelabuhan juga dikenal sebagai tempat kepahlawanan ketika berani melawan penjajah melalui perang yang tidak berkesudahan sejak tahun 1873 bahkan di Aceh pula penjajah yang dipimpin oleh Jenderal Kohler itu terbunuh ketika akan mencoba merebut Masjid Baiturrahman," ungkap Mahfud.

Baca juga : Mahfud MD Didoakan Jadi Khalifah Pemimpin Indonesia

Salah satu jerih payah lainnya rakyat Aceh adalah menyumbangkan hartanya untuk membeli Pesawat RI 001 Seulawah dalam perjuangan awal pembentukan NKRI pada tanggal 16 Juni 1948. Oleh karena itu, pasangan Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk memulai pemerataan pembangunan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.