Dark/Light Mode

Napak Tilas Rumah Pengasingan Bung Karno Di Ende

Ganjar Ajak Masyarakat Hargai Pancasila Dengan Tidak Korupsi Dan Nepotisme

Sabtu, 2 Desember 2023 15:12 WIB
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo napak tilas ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur NTT, Sabtu (2/12/2023). (Foto: Ist)
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo napak tilas ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur NTT, Sabtu (2/12/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo napak tilas ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (2/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Ganjar meninjau berbagai peninggalan Presiden Pertama RI Soekarno ketika pendiri bangsa Indonesia itu diasingkan oleh Belanda dan menjadi tahanan politik pada tahun 1934-1938 lalu.

“Setiap kita ke Ende pasti kita ke situsnya dan di sinilah 4 tahun kurang lebih Bung Karno ada di sini,” kata Ganjar di lokasi.

Baca juga : Teriakan Kemenangan Dari Ribuan Masyarakat Sambut Ganjar Di Tana Toraja

Beberapa koleksi benda dan bangunan masih tersusun rapi dalam rumah tersebut. Di antaranya setrika, ketel, piring-piring, tongkat, lampu, pegangan korang, lukisan, hingga biola.

Ada juga sumur yang menjadi tempat Bung Karno memenuhi kebutuhan airnya. Ganjar pun sempat membasuh wajah dan kakinya dari air sumur tersebut.

Di samping itu, ada tempat di rumah tersebut yang selalu membuat Ganjar terinspirasi untuk membangun bangsa. Yakni di sebuah taman, bawah pohon sukun, tempat di mana Bung Karno merenung dan menorehkan lima sila dalam pancasila. 

Baca juga : Masyarakat Bali Masih Sangat Mencintai Dan Menghormati Presiden Jokowi

“Dengan segala kreativitasnya, tonil, lukis, edukasi, dan ada inspirasi luar biasa sampai akhirnya merenung di bawah pohon sukun yang menghasilkan 5 sila pancasila. Sangat bersejarah,” tuturnya.

Dari rumah pengasingan ini, Ganjar merasakan bagaimana pancasila terlahir melalui perjuangan pendiri bangsa yang tidak mudah dan penuh dengan semangat nasionalisme tinggi.

Ganjar pun mengajak masyarakat untuk menghargai perjuangan para pendiri bangsa dengan tidak korupsi dan nepotisme. Sehingga pemikiran yang ditorehkan Bung Karno dalam renungannya benar-benar diterapkan. 

Baca juga : Relawan Pandawa Ganjar Edukasi Warga Pencegahan Peredaran Narkoba

“Jangan korupsi, jangan kolusi, jangan nepotisme, karena di sinilah pahlawan kita menyerahkan seluruh harta, nyawa, tenaga, pikiran, semuanya, kita harus menghormati mereka,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.