Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dapil Jatim I

10 Kursi Petahana Jadi Rebutan Wamen, Pentolan Dewa

Minggu, 3 Desember 2023 08:00 WIB
Dapil Jatim I 10 Kursi Petahana Jadi Rebutan Wamen, Pentolan Dewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertarungan di Dapil Jawa Timur (Jatim) I yang meliputi Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya ini diprediksi akan berlangsung sengit. Kursi 10 petahana bakal digoyang habis-habisan oleh penantangnya. Mereka adalah wakil menteri, politisi beken, aktor, penyanyi, chef, selebgram, bahkan seorang crazy rich.

Dapil yang meliputi Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya ini telah meloloskan 10 politisi ke parlemen. PDIP mendapat tiga kursi melalui Puti Guntur Sukarno, Bambang DH, dan Indah Kurnia. Sedangkan PKB mendapat dua kursi berkat kerja keras Syaikhul Islam dan Arzetty Bilbina Setyawan. Sisanya diduduki oleh Rahmat Muhajirin dari Partai Gerindra, Adies Kadir dari Partai Golkar, Sigit Sosiantomo dari PKS, Sungkono dari PAN, dan Lucy Kurniasari dari Partai Demokrat.

Baca juga : Dasco-Rano Ditantang Airin-Tanoe

Melihat strategi yang dilakukan masing-masing partai politik (parpol), PDIP nampaknya belum puas meski telah mendapat tiga kursi. Tercermin dari komposisi calegnya yang menurunkan eks Sekjen Kemenhan Agus Setiadji, mantan diplomat Indonesia untuk Iran B Zaelani, dan aktor sekaligus penyanyi Andre Hehanusa.

Begitu juga dengan PKB yang setidaknya ingin menambah satu kursi lagi. Partai berlambang jagat itu menurunkan Dita Indah Sari selaku Ketua DPP PKB dan Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja. Juga Abdul Rochim yang saat ini menjadi Staf Khusus Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid.

Baca juga : Maju Dapil Jakarta III, Erwin Aksa Janjikan Kesejahteraan

Gerindra juga nggak mau ketinggalan. Partai yang dipimpin Prabowo Subianto ini bahkan kembali memasang anggota DPR periode 2014-2019 Bambang Haryo Soekartono, pentolan grup band Dewa 19 Dhani Ahmad Prasetyo, dan selebgram Kenasti Arninta Putri.

PKS mencari peruntungan dengan memplot Reni Astuti yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya. Begitu juga dengan PAN yang mendapat amunisi segar dari seorang crazy rich Surabaya Arizal Tom Liwafa. Serta Demokrat yang memasang M Ali Affandi anak dari Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Baca juga : Petahana Masih Di Atas Angin

PPP berupaya mendapat kursi dengan menurunkan mantan Staf Ahli Bidang Ideologi dan Politik BIN Gamal Haryo Putro. Perindo memasang Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela H Tanoesoedibjo, mantan kabareskrim Polri Anang Iskandar, dan chef terkenal Arnold Poenomo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.