Dark/Light Mode

Dapil Jabar IX

Ada 8 Kursi, Sepi Tokoh Beken

Kamis, 16 November 2023 08:00 WIB
Dapil Jabar IX Ada 8 Kursi, Sepi Tokoh Beken

RM.id  Rakyat Merdeka - Bursa perebutan kursi DPR di Dapil Jabar IX sepi dari tokoh-tokoh beken. Kendati demikian, ada 1 mantan bupati dan eks komedian yang jadi penantang baru pada dapil yang meliputi Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Sumedang itu.

Pada Pemilu 2019, PDIP jadi satu-satunya parpol yang berhasil menyabet dua kursi di Dapil Jabar IX. Sisanya, 6 kursi DPR terdistribusi rata untuk 6 partai politik.

Baca juga : Ada 2 Eks Menteri, Herman Maju Tak Gentar

Dua kursi DPR dari PDIP ditempati Hasanuddin dan Sutrisno. Pada Pemilu 2024, PDIP kembali mengusung Keduanya dengan nomor urut yang berbeda. Hasanuddin menempati nomor urut 1, sedangkan Sutrisno dipasang pada nomor urut 4.

Selain PDIP, enam parpol lain juga kembali menjagokan petahana untuk maju di dapil tersebut. Mereka adalah Maman Imanulhaq dari PKB, Jefry Romdonny dari Partai Gerindra, Itje Siti Dewi Kuraesin dari Partai Golkar, Nurhasan Zaidi dari PKS, dan Linda Megawati dari Partai Demokrat.

Baca juga : Ada Dua Mantan Bupati, Ada Banyak Petinggi Partai Dan Petahana, Rieke Senang

Sementara dari pendatang baru, ada 4 nama yang coba menggoyang kursi 8 Caleg petahana. Mereka berasal dari latar belakang berbeda. Ada yang dari mantan bupati, eks komedian, artis hingga anggota DPRD yang ingin ‘naik kelas’.

Penantang pertama datang dari Partai NasDem, Eep Hidayat. Mantan Bupati Sumedang ini dipasang NasDem sebagai Caleg nomor urut 1. Penantang kedua berasal dari PAN. Partai besutan Zulkifli Hasan ini menjagokan aktor sekaligus model Fajar Aldila.

Baca juga : 2 Kursi PKS Siapa Bisa Goyang

Dari PPP ada nama Pepep Saeful Hidayat. Dia merupakan anggota DPRD Jabar yang coba ‘naik kelas’ menjadi Caleg DPR. Di partai, Pepep kini berstatus sebagai Pjs Ketua DPW PPP Jawa Barat.

Penantang terakhir dan cukup mumpuni adalah eks komedian Oni Suwarman atau dikenal dengan Oni SOS. Anggota DPD RI 2 periode dari Jabar itu, maju sebagai Caleg DPR nomor urut 1 dari Partai Perindo. Selama 2 kali terpilih sebagai senator, Oni memecah rekor dengan perolehan suara terbanyak. Di Pemilu 2019, total suaranya menembus angka 4 jutaan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.