Dark/Light Mode

Dapil Jateng I

Kesaktian Banteng Diuji Manuver Gibran

Minggu, 19 November 2023 08:00 WIB
Dapil Jateng I Kesaktian Banteng Diuji Manuver Gibran

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan Jawa Tengah I dinilai tak akan lagi merah merona seperti Pemilu-Pemilu sebelumnya. PDIP harus kerja keras agar tanduknya tetap tajam. Sebab, simbol Jateng sebagai kandang Banteng mulai pudar, usai putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka jadi Cawapres Prabowo Subianto.

Pada Pilpres 2019 lalu, dari dapil yang meliputi Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga dan Kota Semarang ini, mengantarkan 8 orang ke Senayan. Dua di antaranya perwakilan PDIP, yakni Tuti Nusandari Roosdiono dan Mochamad Herviano.

Baca juga : Mahfud Disambut Meriah

Sedangkan masing-masing partai, kebagian satu. Misalnya PKB ada Alamuddin Dimyati Rois, Gerindra Sugiono, Golkar Mujib Rohmat, NasDem Fadholi, PKS Wisnu Wijaya Adi, dan Demokrat Sukawijaya alis Yoyok Sukawi.

Sementara dari kubu penantang atau pendatang baru, terdapat local pride alias sosok yang dibanggakan masyarakat lokal seperti mantan Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti. Selain itu, juga ada nama yang tak kalah beken dengan Widya, yaitu anak mendiang Menpan RB, Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari. Keduanya dipastikan maju lewat PDIP.

Baca juga : Mahfud Sowan Ke Gus Mus: Menyegarkan Batin, Menjernihkan Pikiran

Belum lagi ada nama Jamal Mirdad yang notabene lebih dulu tersohor dibanding keduanya. Jamal datang sebagai penantang dari Partai Gerindra, pengusung utama Capres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Untuk itu, Jamal dinilai akan mendapat dua keuntungan. Pertama, Jamal berangkat dari partai politik pengusung utama Prabowo-Gibran. Kedua, Jamal bisa menarik suara pemilih Jokowi yang juga dikenal melimpah di Jateng.

Sementara dari Golkar ada Jacobus Dwihartanto yang merupakan pengusaha dan pengurus Palang Merah Indonesia. Kemudian Samuel JD Wattimena seorang perancang busana yang nyaleg lewat PDIP.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.