Dark/Light Mode

Jadi Aset Bangsa

Penyelesaian Sengketa Pemilu Sudah Lebih Beradab

Senin, 4 Desember 2023 06:45 WIB
Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu DKPP, J. Kristiadi. (Foto: Dok. DKPP RI)
Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu DKPP, J. Kristiadi. (Foto: Dok. DKPP RI)

 Sebelumnya 
Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini mengatakan, pemilu yang beradab dan bermartabat adalah soal kepercayaan publik. Dalam pemilu yang bermartabat, publik percaya bahwa tidak ada hak-hak publik yang diganggu dan intimidasi di dalamnya.

“Pemilu itu tidak hanya rutini­tas lima tahunan, tapi juga harus bermakna, meaningful election,” katanya.

Baca juga : LBH Ingatkan Penyelenggara, Pemilu Wajib Berjalan Fair

Selain itu, Titi juga meng­ingatkan, sebuah pemilu yang bermartabat harus bebas dari subversi. Yakni, sebuah eksploi­tasi penyalahgunaan hukum untuk menempatkan seorang kandidat ke jabatan terpilih.

Eksploitasi ini, katanya, juga sangat mungkin akan dialami oleh penyelenggara pemilu. Dia pun mengingatkan semua pe­nyelenggara pemilu senantiasa menjaga integritasnya. “Penye­lenggara pemilu menjadi aktor utama yang menjalankan proses pemilihan,” tegasnya.

Baca juga : MASINDO Soroti Pentingnya Pencegahan Penyakit Tidak Menular

Titi juga mengingatkan Apara­tur Sipil Negara (ASN). Menu­rutnya, integritas penyelenggara pemilu dan netralitas ASN adalah faktor yang sangat penting dalam mewujudkan pemilu yang bermar­tabat, sehingga hasil dari pemilu mendapatkan legitimasi dari se­luruh rakyat.

“Kalau publik meragukan legitimasi hasil pemilu, pemerintahan yang terbentuk tidak akan bisa bekerja secara efektif, kare­na dia akan terus dirongrong dengan narasi pemilu curang dan manipulatif,” tandasnya.

Baca juga : Harga Pertamax Series dan Dex Series Kembali Turun di Desember

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 4/12/2023 dengan judul Jadi Aset Bangsa, Penyelesaian Sengketa Pemilu Sudah Lebih Beradab

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.