Dark/Light Mode

Ganjar-Mahfud Targetkan Buka 17 Juta Lapangan Kerja Baru

Sabtu, 9 Desember 2023 23:01 WIB
Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional TPN Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa diacara diskusi Milenial Bertanya, Anti Gagal. (Foto: Ist)
Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional TPN Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa diacara diskusi Milenial Bertanya, Anti Gagal. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, bakal membuka 17 juta lapangan kerja baru dalam waktu lima tahun. Ditargetkan, setiap tahun terdapat sekitar 3 juta lapangan kerja baru di seluruh Indonesia. Rencana ini dalam rangka memanfaatkan bonus demografi 2045. 

Menurut Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa, bonus demografi itu sebetulnya mengenai jumlah tenaga kerja di Indonesia. Dari usia 15 tahun sampai 64 tahun agar bisa bekerja.

"Nah, itu jumlah tenaga kerja Indonesia kira-kira 68-70 persen, dan puncaknya nanti di tahun 2030. Hampir 70 persen masyarakat kita adalah mereka yang umurnya harus bekerja," ujar Andika saat memaparkan visi misi pasangan Ganjar-Mahfud dalam diskusi bertajuk "Millenial Bertanya, Anti Gagal" yang digelar di Oktaf Coffee, Jakarta, Jumat malam (8/12).

Baca juga : Tepat, Ganjar-Mahfud Bertekad Bangun Indonesia Sampai Desa

Seumpama 70 persen masyarakat umur pekerja bekerja semua, lanjut dia, maka ini memberikan keuntungan bagi bonus demografi. Ekonomi Indonesia akan tumbuh hebat sekali.

"Kerugiannya, kalau jumlah segitu gak ada kerjaan, bisa memicu masalah sosial. Ketika ini terjadi maka ekonomi kita tidak akan tumbuh," tegasnya.

Menurut Andika, siapapun yang terpilih sebagai presiden dan wakil presiden, dari 2024 sampai dengan 2045, harus memastikan kecukupan lapangan kerja. "Lapangan kerja baru yang telah disediakan pemerintahan sekarang, itu kira-kira dua jutaan per tahun. Mas Ganjar menginginkan untuk lima tahun ke depan tiga jutaan, satu setengah lebih banyak dari sekarang. Dan itu nggak gampang, nggak gampang," ujar Andika.

Baca juga : Bukan OTT KPK, Namun Penetapan Tersangka Belum Cukup Bukti

Menurut Andika, dengan membuka tiga juta lapangan kerja per tahun itu, maka pertumbuhan ekonomi diharapkan bisa tumbuh 7 persen. Kendati selisihnya hanya 2 persen dari pertumbuhan ekonomi saat ini sebesar 5 persen, itu sulitnya bukan main, butuh kerja keras.

"Misalnya dari 2014 sampai sekarang, sudah sembilan tahun, tidak pernah di atas 6 persen pertumbuhannya. Tahun ini bisa di bawah 6 persen," tegasnya.

Pasangan Ganjar-Mahfud memiliki program unggulan untuk generasi muda, yakni membangun Creative Hub di seluruh Indonesia. Program ini akan direalisasikan saat Ganjar-Mahfud memimpin Indonesia.

Baca juga : Ganjar Bakal Jadikan Lapas Nusakambangan Penjara Napi Koruptor

Pembentukan Creative Hub itu bertujuan mengakomodasi kreativitas anak-anak muda agar mereka bisa mengembangkan bakat dan minatnya, sehingga memacu berkembangnya sektor kreatif. Kemudian program Ekonomi Kreatif Makin Melaju, Program Budayawan Berkarya, Program Seni Budaya Indonesia Kebanggaan. 

Generasi muda Indonesia, khususnya yang berada di sektor industri kreatif membutuhkan akses, tak hanya wadah melainkan juga sumber daya yang mampu mendukung mereka untuk terus produktif berkarya dan berinovasi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.