Dark/Light Mode

Dikritik Soal Makan Siang Gratis, Gibran: Ini Gagasan Konkret, Bukan Retorika

Senin, 11 Desember 2023 22:31 WIB
Laskar Prabowo 08 DKI Jakarta memberikan makanan gratis dan susu kepada balita dan warga di Bali Matraman Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (1/12/2023). (Foto: Ist)
Laskar Prabowo 08 DKI Jakarta memberikan makanan gratis dan susu kepada balita dan warga di Bali Matraman Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (1/12/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon presiden-wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, melakukan kampanye di Sentul International Convention Center (SICC), Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/12/2023).
 
Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya konsolidasi untuk meraih kemenangan Prabowo-Gibran dengan tema "Waktunya Indonesia Maju."

Gibran memulai kampanye dengan menyampaikan gagasannya, didampingi oleh dua MC komedian, Sule dan Andre. Kedua MC tersebut menanyakan kepada Gibran mengenai program-program yang akan dijalankannya jika berhasil memenangkan Pemilu 2024. 

Dalam tanggapannya, Gibran memperkenalkan program makan siang dan susu gratis di sekolah yang akan diimplementasikan jika terpilih sebagai wakil presiden, sambil membawa gerobak.

Baca juga : Bawa Troli Makanan Dan Susu Ke Panggung, Gibran: Ini Bukan Retorika!

"Ini saya bawa suatu gagasan yang konkret bukan sebuah teori atau retorika aja," ucap Gibran disahut heboh tepuk tangan para pendukungnya.

Sule dan Andre menyinggung mengenai kritik yang muncul terhadap program makan siang dan susu gratis tersebut. Gibran menjelaskan bahwa program ini sebenarnya bertujuan untuk menciptakan generasi emas pada tahun 2045 dengan mencetak anak-anak yang sehat. Gibran berharap bahwa di masa depan, setiap anak di Indonesia dapat mendapatkan hak dan gizi yang sama.

"Jadi kita harap ke depan tidak ada lagi anak-anak yang kelaparan, yang di Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, semuanya harus mendapat hak yang sama, gizi yang sama," ucap Gibran.

Baca juga : Ingat Pesan Jokowi, TPN Ganjar-Mahfud: Adu Gagasan, Bukan Gimmick

Sudah Diterapkan Banyak Negara
Beberapa waktu lalu juga, Calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto menyebut bahwa sebanyak 76 negara telah menerapkan program makan siang gratis untuk anak sekolah. Program ini merupakan salah satu andalan yang ditekankan oleh Prabowo dalam kampanyenya untuk Pilpres 2024.

Prabowo menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan perhitungan biaya yang diperlukan untuk menjalankan program tersebut.

"Ternyata 76 negara di dunia sudah memberi makan siang gratis untuk anak-anaknya," ucapnya dalam acara deklarasi Relawan Pedagang Indonesia Maju di Djakarta Theater, Jakarta Pusat pada Jumat (8/12/2023).

Baca juga : Ravindra: Program Stunting Prabowo-Gibran Selaras Target Kabupaten Bogor

Ketua umum Partai Gerindra itu mengungkapkan bahwa jumlah negara yang memberikan makan siang gratis kepada warganya terus bertambah. Ia menyebut jika Indonesia mengikuti program itu, berarti aka nada 7 negara yang menerapkan program itu, termasuk nanti Indonesia.

Ia juga menyebutkan bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menetapkan bahwa program ini merupakan cara untuk mengurangi kemiskinan dan menghilangkan stunting. Ia menambahkan jika ini akan membawa suatu bangsa bangkit menjadi bangsa yang kuat.

Program makan siang gratis untuk anak sekolah dan bantuan gizi serentak untuk anak dan ibu hamil adalah salah satu dari janji kampanye pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, yang mereka janjikan untuk dijalankan jika menjadi pemenang dalam Pilpres 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.