Dark/Light Mode

Terima Pemuda Pancasila Purbalingga, Bamsoet Ajak Kawal Pemilu Jurdil

Senin, 11 Desember 2023 23:20 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (memakai rompi kuning). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (memakai rompi kuning). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan, suara kalangan muda sangat menentukan siapa yang akan terpilih sebagai anggota legislatif maupun Presiden-Wakil Presiden RI di Pemilu 2024. Sebab, dari 204.807.222 pemilih yang terdapat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), sekitar 60 persennya merupakan kalangan muda.

Bamsoet menerangkan, generasi Y yang lahir antara 1981-1996 menjadi pemilih terbanyak, sekitar 32,3 persen atau sepertiga dari jumlah DPT. Sedangkan pemilih generasi Z yang lahir antara tahun 1997-2007 mencapai 21,1 persen.

Baca juga : Bamsoet Ajak Kader Golkar Jadi Teladan Politisi Lain di Pemilu 2024

“Pemilih muda tidak sepenuhnya apatis, melainkan cenderung skeptis dan selektif dalam memilih isu kampanye. Hal ini menjadi tantangan bagi organisasi kepemudaan seperti Pemuda Pancasila, untuk merangkul berbagai kalangan muda untuk terlibat aktif dalam berbagai kegiatan Pemilu. Termasuk memastikan Pemilu berjalan jujur dan adil," ujar Bamsoet, usai menerima Ketua Pemuda Pancasila Purbalingga Gatot Bondan Kurniawan dan jajaran pengurus Pemuda Pancasila Purbalingga, Senin (11/12).

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menjelaskan, menghadapi Pemilu 2024, kekuatan Pemuda Pancasila tersebar di berbagai lini. Di Pemilu legislatif, banyak yang mencalonkan diri sebagai anggota DPR, DPRD Provinsi, hingga DPRD Kabupaten/Kota. Di Pilpres, tiga Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila memegang peranan penting di tiga tim pemenangan Capres-Cawapres. Selain dirinya yang mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, ada Ahmad Ali yang mendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, serta Arsjad Rasjid yang menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Baca juga : Kukuhkan Saksi TPS 4 Kecamatan di Purbalingga, Bamsoet Ajak Jaga Pemilu Jurdil

"Jadi, Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila berada di tim pemenangan semua pasangan Capres-Cawapres yang kita tengah berkompetisi memperebutkan hati rakyat, membuktikan bahwa kader Pemuda Pancasila memainkan peran penting dalam konstelasi politik nasional. Sebagai organisasi, Pemuda Pancasila mendukung siapapun yang terpilih dalam Pileg maupun Pilpres, dengan tetap memberikan kebebasan kepada para anggotanya untuk menentukan pilihan politik sesuai hati nurani masing-masing. Sesuai dengan jargon Pemuda Pancasila, tidak kemana-kemana tapi ada dimana-mana," jelas Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menerangkan, di Kabupaten Purbalingga, Pemuda Pancasila memiliki anggota mencapai 2.700 jiwa. Simpatisan dan kadernya mencapai puluhan ribu. Serta telah berhasil mengkonsolidasikan organisasi hingga ketingkat basis desa dan RT/RW, dan terus berkontribusi menjaga kondusifitas dan keharmonisan hidup masyarakat.

Baca juga : Bamsoet Ajak Masyarakat Aktif Gunakan Hak Pilih dalam Pemilu 2024

"Hal ini sejalan dengan perjalanan 62 tahun Pemuda Pancasila di tingkat nasional, yang telah melalui berbagai romantika, dinamika, dan kompleksitasnya. Pemuda Pancasila masih tetap solid dan konsisten memegang teguh komitmen mengabdikan diri menjadi penegak nilai luhur Pancasila sebagai ideologi, pandangan hidup, dan dasar negara," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.