Dark/Light Mode

Jualan Prabowo-Gibran

Hak Asasi Digital Dan Susu Gratis

Rabu, 13 Desember 2023 07:30 WIB
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid (tengah) bersama Mantan Anggota Komnas HAM Natalius Pigai (kiri) dan Aktivis 98 Budiman Sujatmiko (kanan) menggelar konferensi pers usai menanggapi hasil Debat Capres Perdana di Media Center TKN, Mentang, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023). (Foto: Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka/RM.id)
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid (tengah) bersama Mantan Anggota Komnas HAM Natalius Pigai (kiri) dan Aktivis 98 Budiman Sujatmiko (kanan) menggelar konferensi pers usai menanggapi hasil Debat Capres Perdana di Media Center TKN, Mentang, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023). (Foto: Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, terus mensosialisasikan program andai jagoannya menang di Pilpres 2024. Khusus soal Hak Asasi Manusia (HAM), paslon nomor urut 2 ini mengimplementasikannya melalui hak asasi digital dan pemberian susu gratis.

Wakil Ketua Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Budi­man Sudjatmiko menekankan pembebasan HAM yang trans­formatif sesuai perkembangan zaman. Yaitu, memberikan hak asasi digital untuk rakyat.

“Ketika melihat data, banyak sekali komponen HAM yang belum sepenuhnya tercapai. Sehingga diperlukan ide HAM transformatif yang cocok sekali dengan penyampaian visi misi Prabowo-Gibran.” jelas Budi­man melalui keterangannya ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Debat Capres Sesi Pertama, Prabowo Jawab Serangan Anies: Kita Jangan Munafik!

Dijelaskan, beberapa hak di era digital tersebut mencakup hak atas ruang fisik dan digi­tal, hak terhadap infrastruktur digital, hak atas data, dan hak atas pendidikan dan komunitas.

Menilik data Center for In­donesian Policy Studies (CIPS) pada Tahun 2022 menunjukkan masih ada 73 juta jiwa dan lebih dari 100 ribu sekolah yang tidak memiliki akses internet.

“Hal ini juga menjadi perha­tian utama Paslon nomor 2. Con­tohnya, kita akan melakukan ba­nyak sekali perbaikan di sektor digital, termasuk membangun infrastruktur digital secara mer­ata sampai ke desa-desa. Tidak ada desa yang tidak terakses internet. Ini sesuai dengan Asta Cita 3 di Poin 26 di Visi Misi Prabowo Gibran.” urainya.

Baca juga : Ini Strategi Jitu Prabowo-Gibran Perkuat Kedaulatan Indonesia

Untuk program HAM se­cara umum, Budiman menilai, Indonesia di bawah kepemim­pinan Presiden Joko Widodo sudah memperbaiki nilai ke­bebasan sipil dan implemen­tasi HAM. Bahkan, Indonesia terpilih menjadi salah satu Council Member Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk HAM sebagai perwakilan Asia bersama Jepang dan Kuwait. Ini, merupakan keberhasilan Indonesia dalam komitmennya dalam menjalankan amanat nasional dan Internasional.

Dalam catatannya, prestasi Indonesia yang sangat baik ini, lanjut Budiman, bisa menjadi tantangan jika Indonesia tidak bisa melangkah dari persoalan di masa lalu.

“Pembahasan HAM di In­donesia ini identik dengan hak asasi dalam berpendapat. Isu-isu seperti ini sering diputar kemudian menjadi komoditas politik yang senantiasa diputar. Padahal tantangan di depan mata, perihal Hak Asasi Digital misalnya, juga harus kita siap­kan,” pungkasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.