Dark/Light Mode

Debat Capres Sesi Pertama, Prabowo Jawab Serangan Anies: Kita Jangan Munafik!

Selasa, 12 Desember 2023 20:02 WIB
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto, saat debat capres yang digelar KPU, Selasa (12/12). (Foto: YouTube/KPU RI)
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto, saat debat capres yang digelar KPU, Selasa (12/12). (Foto: YouTube/KPU RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto menjawab serangan capres nomor urut 1 Anies Baswesan saat menyampaikan visi misi di debat capres sesi pertama, Selasa (12/12).

Saat membedah tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga, mantan Danjen Kopassus ini mengakui bahwa masih banyak kekurangan di sektor tersebut. 

Kendati demikian, Prabowo menegaskan bahwa rakyat Indonesia masih layak bersyukur di tengah dunia yang saat ini penuh dengan tantangan dan ketidakpastian.

"Perang dimana-mana, dimana negara-negara begitu banyak yang terjadi perang saudara, kerusuhan. Indonesia masih aman Indonesia masih damai. Indonesia masih terkendali," kata Prabowo.

Baca juga : Jadwal Debat Capres Cawapres 2024, Ini Tema, Live TV, Jam Tayang Dan Panelisnya

Dari sisi ekonomi, sebut Prabowo juga masih aman. Harga-harga masih terkendali. Hal itu hanya bisa terjadi karena kepemimpinan dan manajemen negara saat ini dinilai berhasil mengendalikannya.

"Apakah di tengah 80 juta rakyat masa tidak ada kekurangan? Tetapi kita harus arif. Kita harus dewasa dan kita tidak boleh munafik!" tegasnya.

Ia mengimbau agar pemimpin menganut falsafah Jawa: Ing Ngarso Sung Tulodo. Yakni memberi contoh, terutama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita tidak perlu saling menghasut, saling mencela, saling menghina. Demi rakyat kita yang kita cintai, kita butuh kesejukan, ketenangan, kerukunan. Kita negara majemuk," ujar Prabowo.

Baca juga : LSI Denny JA: Prabowo Di Ambang Kemenangan, Anies Atau Ganjar Yang Tersingkir?

"Kita negara ratusan kelompok etnis berbagai agama besar. Pemimpin harus sejuk. Pemimpin harus dewasa," tandasnya.

Anies Serang Gibran, Paslon Wapres 02

Sebelumnya, capres nomor urut 1 Anies Baswedan menyentil betapa mulusnya milenial maju sebagai cawapres, di saat milenial lainnya termarjinalkan.

Cawapres milenial tidak lain adalah Gibran Rakabuming Raka. Pendamping Prabowo.

"Kita saksikan hari ini ada satu orang millenial bisa menjadi cawapres, tetapi ada ribuan millenial dan gen Z yang peduli pada anak bangsa dan termarjinalkan," sentil Anies.

Baca juga : Komunikasinya Merangkul, Prabowo Dinilai Sebagai Sosok Pemersatu Warga

Anies memberi contoh ketika generasi Z dan milenial menyampaikan pendapat atau mengkritik pemerintah.

"Ketika mereka mengungkapkan pendapat mengkritik pemerintah sering dihadapi kekerasan benturan dan bahkan gas air mata," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.