Dark/Light Mode

Gerindra Pede, Prabowo Bisa Menang Satu Putaran

Jumat, 15 Desember 2023 07:30 WIB
Ketua DPP Partai Gerindra Sudarto. (Foto: Ist)
Ketua DPP Partai Gerindra Sudarto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerindra, partai utama pengusung pasangan Capres-Cawapres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yakin, jagoannya bakal menang satu putaran. Asalkan, keunggulan hasil surveinya tak berubah sampai akhir Desember ini.

"Desember akhir, kalau justru elektabilitas Prabowo-Gibran malah meningkat, ya Insya Allah semakin yakin menang satu putaran," kata Ketua DPP Partai Gerindra, Sudarto pede saat ber­bincang dengan Rakyat Merdeka, kemarin.

Sudarto tak masalah banyak pihak maupun lawan politik yang menuding berbagai hasil positif ini dilakukan lembaga survei bayaran. Namun, dia mengingatkan, hampir semua lembaga survei kredibel memenangan duet Prabowo-Gibran.

Baca juga : ARBI Nilai Prabowo Punya Komitmen Kuat Berantas Korupsi

"Litbang Kompas, masa meragukan independensi dan kredi­bilitasnya. Tapi ya silakan meng­hibur diri. Mestinya kalau jadi tim sukses pasangan lain harus memacu semangatnya. Bukan menyalahkan survei," pesannya.

Dia menyakini sebenarnya, angka swing voters mengecil. Hari-hari ini, kurang dari dua bulan waktu pencoblosan, pemilih yang telah menentukan pilihan, sulit untuk goyah. Apalagi, para pemilih militan Prabowo dan pe­milih yang mendukung Presiden Jokowi yang menjatuhkan pilihan untuk pasangan nomor urut 2 itu.

Sekjen Gerakan Muslim Indonesia Raya (Gemira) ini tak yakin, penampilan dalam debat Pilpres akan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan elektoral. "Yang masih bisa goyang kan kelas menengah, civil society yang jumlahnya tak massif. Sementara akar rumput sudah menjatuhkan pilihan ke Pak Prabowo dan Mas Gibran," katanya.

Baca juga : Pj Gubernur: Peran Perempuan Penting untuk Turunkan Stunting di Sumsel

Apalagi, lanjutnya, penampi­lan Prabowo dalam debat per­dana sangat mantap. Menteri Pertahanan itu menunjukkan kenegarawanan dengan tidak me­nyerang lawan-lawannya. "Bertahan dengan apik dan membalikkan semua tudingan. Rakyat di bawah melihat sikap-sikap ke­satria semacam ini," tutur Caleg Partai Gerindra daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah II ini.

Diketahui, dalam survei ter­baru Litbang Kompas, pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan 39,3 persen. Sedangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 16,7 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 15,3 persen. Sedangkan, pemilih yang masih bimbang (undecided voters) naik hingga 28,7 persen.

Sementara hasil survei LSI Denny JA terbaru, Prabowo-Gibran elektabilitasnya saat ini sebesar 42,9 persen. Ganjar-Mahfud berada di posisi kedua dengan elektabilitas 24,9 persen. Posisi ketiga Anies-Muhaimin dengan elektabiltas sebesar 24,0 persen. Sebesar 7,7 persen menyatakan belum memastikan.

Baca juga : Jamin Ketersediaan Energi, Pertamina Bentuk Satgas Nataru

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 15/12/2023 dengan judul Gerindra Pede, Prabowo Bisa Menang Satu Putaran

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.