Dark/Light Mode

Tegas! Prabowo Bicara Papua, Berjanji Kedepankan Langkah Hukum Dan HAM

Selasa, 12 Desember 2023 21:14 WIB
Capres Prabowo Subianto saat debat Capres, Selasa (12/12/2023). (Foto: Ist)
Capres Prabowo Subianto saat debat Capres, Selasa (12/12/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto memaparkan gagasannya terkait keadilan untuk Papua terkait kebijakan hukum dan HAM. Prabowo menjelaskan jika masalah yang ada di Papua adalah rumit serta diduga ada keterlibatan pihak asing.

“Masalah Papua adalah Rumit karena disitu terjadi sesuatu gerakan separatisme dan gerakan separatisme ini sudah diikuti cukup lama, kita melihat campur tangan asing. Kita melihat bahwa kekuatan tertentu selalui ingin Indonesia disintegrasi," ucap Prabowo, Selasa (12/12/2023) malam.

Baca juga : Terinspirasi Prabowo, Warga Subang Gelar Lomba Bayi Gemoy

Sebagai Langkah awal, Prabowo menyebut jika masalah HAM akan diutamakan. “Untuk itu masalah HAM ini jadi sesuatu yang harus diutamakan. Kita harus dilindungi rakyat Papua. Karena disitu teroris serang orang-orang Papua (orangtua, perempuan, anak-anak).” Jelas Prabowo.

Lanjutnya, Prabowo Subianto memberikan solusi terkait hal tersebut. Prabowo berjanji akan lebih memperkuat kembali hukum yang terjadi disana, dengan dibarengi penguatan ekonomi dan aparat penegak hukum.

Baca juga : TKN: Prabowo-Gibran Utamakan Kepentingan Bangsa Dan Negara

“Tetapi kita sependapat tegakkan keadilan, dialog. Ini masalah bangsa. Semua kekuatan harus kita rangkul.” Ucap Prabowo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat perdana Calon presiden (capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Debat tersebut dilakasanakan di Kantor KPU RI di Jakarta pada Selasa (12/12/2023).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.