Dark/Light Mode

Semangati Pendukung Saat Debat

Ditegur Ketua KPU, Gibran Minta Maaf

Jumat, 15 Desember 2023 08:21 WIB
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung KPU untuk mengikuti Debat Perdana Capres Pemilu 2024 di Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Foto: Antara)
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung KPU untuk mengikuti Debat Perdana Capres Pemilu 2024 di Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - KPU menegur Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka yang dianggap memanas-manasi pendukungnya saat debat Capres perdana, Selasa (12/12/2023). Gibran menerima teguran tersebut. Gibran langsung meminta maaf.

Potongan video aksi Gibran mengajak pendukungnya untuk bersorak saat debat, ramai beredar di medsos. Aksi itu, dilakukan Gibran saat Prabowo Subianto menjawab pertanyaan Anies Baswedan tentang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) bernomor 90/PUU-XXI/2023, soal batas usia Capres dan Cawapres.

Gibran spontan berdiri dari tempat duduknya, berteriak, dan bertepuk tangan. Dia menggerakkan kedua tangannya dari bawah ke atas, menghadap ke arah pendukungnya. Seolah mengajak mereka bersorak. Gibran lalu kembali duduk dan menghentikan aksinya, setelah dicolek dari belakang oleh seorang pendukung.

Baca juga : Terkesan Manas-Manasin Pendukung Untuk Bersorak, Gibran Bakal Kena Tegur KPU

Kejadian ini pun viral. Mengetahui hal itu, KPU pun turun tangan.

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari menegaskan aksi Gibran tidak sepatutnya dilakukan. “Ini yang nggak boleh dan kita tegur,” kata Hasyim, Kamis (14/12/2023).

Hasyim mengungkapkan teguran KPU ke Gibran akan disampaikan saat evaluasi dan rapat persiapan debat selanjutnya.

Baca juga : Pembangunan Konstruksi Bendungan PLTA Kayan Cascade Ditargetkan Tahun Depan

“Saat evaluasi dan rapat persiapan debat selanjutnya, kami sampaikan,” ujar Hasyim.

Merespons hal ini, Gibran buka suara. Gibran menyadari aksinya ini menimbulkan kegaduhan hingga sorotan. Karena itu, dia memohon maaf jika aksinya itu menuai sorotan.

“Saya mohon maaf sebelumnya,” ucap Gibran di Balai Kota Solo, Jawa Tengah.

Baca juga : Telan Sikat Gigi Demi Keluarkan Makanan

Gibran juga merespons soal teguran KPU. Dia menyatakan, siap menerima semua teguran dan evaluasi apapun dari KPU.

“Ya semua teguran dan evaluasi kami terima,” tambahnya.

Saat ditanya lebih lanjut seputar debat Capres, Gibran enggan menjawab. Gibran buru-buru meninggalkan awak media. “Terima kasih ya,” cetus Gibran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.