Dark/Light Mode

Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Relawan Ganjar-Mahfud NTB Dan Srikandi Beri Pelatihan Usaha Home Industry

Jumat, 15 Desember 2023 18:37 WIB
Sukarelawan Ganjar-Mahfud NTB bersama dengan Srikandi Ganjar membantu peningkatan ekonomi masyarakat pelatihan pembuatan home industry. (Foto: Ist)
Sukarelawan Ganjar-Mahfud NTB bersama dengan Srikandi Ganjar membantu peningkatan ekonomi masyarakat pelatihan pembuatan home industry. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Ganjar-Mahfud NTB bersama dengan Srikandi Ganjar berusaha membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

Hal itu diwujudkan dengan adanya pelatihan pembuatan home industry atau industri rumahan bersama warga.

Kegiatan tersebut diadakan di Desa Nyangget, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat pada Jumat (15/12).

Koordinator Srikandi Ganjar NTB Yuni Eka Fitri mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi pasca-covid 19 terus menunjukkan tren positif.

Baca juga : Relawan Kowarteg Indonesia Gelar Latihan Masak Pepes Ikan Ke Warga Jakarta Barat

"Bahkan perlahan demi perlahan perekonomian masyarakat kembali stabil," ujar dia dalam siaran persnya.

Guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, Srikandi Ganjar dan sukarelawan Ganjar Mahfud NTB melakukan kegiatan pelatihan pembuatan Home Industry Kue Bawang. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pemuda-pemudi dari berbagai wilayah.

"Anak muda harus terjun ke dunia usaha sejak dini. Lihatlah peluang-peluang usaha yang ada di sekitar," kata dia.

Baca juga : Relawan Ganjar-Mahfud Bareng OMG NTB Hadirkan Cek Kesehatan Gratis

Kemudian, setelah dianalisa prospek bisnisnya harus segera dieksekusi. Eka mengungkapkan kebanyakan anak muda takut dalam memulai langkah awal, karena itulah dia memotivasi para peserta yang hadir agar tidak ragu untuk memulai.

"Berikutnya agenda dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan kue bawang. Instruktur memulai dengan menjelaskan peluang usaha kue bawang," kata Eka.

Dia menerangkan bahwa kudapan kue bawang ini cukup banyak diminati dan terbilang mudah dalam membuatnya.

Kemudian instruktur menjelaskan satu per satu bahan yang digunakan. Lalu dilanjutkan dengan langkah-langkah pembuatan ke bawang. Para peserta menyimak dengan sangat antusias. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk mempraktekan teknik membuatnya.

Baca juga : Kampanye Ganjar-Mahfud Bukan Hanya Politik, Tapi Perjuangan Kesejahteraan Wanita

Proses selanjutnya adalah tahap pengemasan. Instruktur menjelaskan kemasan merupakan bagian yang sangat penting dalam menarik perhatian konsumen. Meskipun rasanya enak menjadi percuma jika konsumen tidak pernah mencoba karena tidak tertarik melihat kemasannya.

Sesi selanjutnya instruktur menjelaskan beberapa tips dalam memulai usaha kuliner. Menurutnya penggunaan media sosial dalam berbisnis sangatlah penting. 

Eka menguraikan beberapa model konten yang dapat dibuat untuk meningkatkan traffic media sosial.

"Kami juga tak lupa menyampaikan bahwa kegiatan hari ini merupakan bentuk kepedulian dan kepekaan Bapak Ganjar Pranowo terhadap kualitas para pemudi. Semua yang hadir juga menyampaikan dukungannya untuk Bapak Ganjar menjadi presiden tahun 2024," ujar dia. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.