Dark/Light Mode

Fokus Kerek Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Kadin Netral Di Pemilu

Sabtu, 9 Desember 2023 07:10 WIB
Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi (tengah) dalam Konferensi Pers Rapimnas Kadin yang digelar di Jakarta, Kamis (7/12/2023). (Foto: Dok. Kadin Indonesia)
Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi (tengah) dalam Konferensi Pers Rapimnas Kadin yang digelar di Jakarta, Kamis (7/12/2023). (Foto: Dok. Kadin Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menegaskan netral terhadap dinamika politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu). Sebagai mitra Pemerintah, mereka fokus mendorong pertumbuhan ekonomi.

Penegasan sikap tersebut disampaikan para pengusaha secara terbuka dalam Rapat Pimpinan Na­sional (Rapimnas) Kadin 2023.

Baca juga : Relawan Berkarya Nasional Resmi Dukung Prabowo Gibran Di Pilpres

Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan, sebagai organisasi yang menjadi wadah bagi dunia usaha sekaligus mitra strategis Pemerintah dalam pembangunan ekonomi, Kadin memastikan sikap netral dalam kontestasi Pemilu 2024 alias tidak memihak salah satu pasangan calon presiden (Capres).

Dia menjelaskan, merujuk pada ketentuan dalam pasal 1 Undang-Undang Kadin No.1/1987, Kadin Indonesia adalah wadah bagi pengusaha Indonesia dan bergerak dalam bidang perekonomian.

Baca juga : Ekonomi Kita Tetap Stabil Jelang Pemilu

“Kadin Indonesia tidak pernah mengeluarkan anjuran, ajakan ataupun rekomendasi kepada anggota atau siapa pun untuk memenangkan pasangan tertentu dalam kontestasi Pemilu 2024,” ujar Yukki di Rapimnas Kadin 2023 di Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta, Kamis (7/12).

Soal pilihan politik, lanjut Yukki, menyerahkan kebebasan kepada anggota sebagai indi­vidu, bukan pengurus Kadin.

Baca juga : Lestari: Pariwisata Genjot Pertumbuhan Pusat Kekuatan Ekonomi Nasional

Yukki berharap, Pemilu ber­jalan jujur, adil dan damai, sehingga stabilitas sosial, politik dan ekonomi tetap terjaga.

Menurutnya, Pemilu merupa­kan pesta demokrasi sehingga harus dilaksanakan dengan suka cita, tanpa harus bertikai.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.