Dark/Light Mode

Ganjar: Politisi Harus Selalu Belajar Dan Berangkat Dari Pengalaman

Sabtu, 16 Desember 2023 22:18 WIB
Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo/Istl
Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo/Istl

RM.id  Rakyat Merdeka - Seorang politisi harus selalu belajar dan berangkat dari pengalaman agar cerdas merespons persoalan, sehingga mampu melayani masyarakat dengan optimal.

Hal tersebut diungkapkan Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo di sela-sela kegiatannya di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2023).  

“Memang untuk memahami ini perlu belajar dan perlu waktu, sehingga bisa cerdas melihat persoalan dan tidak bingung," ujar Ganjar.

“Karena politisi tidak boleh bingungan. Politisi harus bisa merespons dengan baik,” imbuhnya.

Baca juga : Ganjar Komit Wujudkan Kesejahteraan dan Jamkes Di Pesantren

Ganjar mengatakan politisi yang unggul adalah pribadi yang mau belajar terus menerus dari rakyat dan perkembangan yang terjadi di dunia. Prinsip long life learner ini bisa membuat politisi memahami persoalan dan peka terhadap kebutuhan masyarakat.

Namun demikian, lanjut Ganjar, politisi karbitan yang tidak menjalani proses pendidikan politik yang baik tentu akan menggunakan cara-cara yang tidak etis dalam mencapai tujuannya.

Tak hanya itu, politisi karbitan juga tidak bisa menelaah persoalan secara objektif dan berpihak pada kepentingan rakyat, karena tidak pernah merasakan penderitaan rakyat.

Adapun pasangan Ganjar-Mahfud, kedua anak bangsa ini berpengalaman sebagai wakil rakyat selama bertahun-tahun dan ditempa dengan pendidikan politik yang mumpuni di partai politik.

Baca juga : Refleksi Akhir Tahun, Yasonna: Evaluasi Dan Identifikasi Peluang Mendatang

Selain itu, keduanya juga dipercaya mengemban jabatan politik sebagai kepala daerah dan anggota kabinet. “Kami cepat dan unggul!” tukas Ganjar.

Siap Hadiri Forum Khusus KPK

Pada kesempatan sama, Ganjar juga menyatakan siap menghadiri forum khusus yang digagas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk capres beradu gagasan terkait pemberantasan korupsi.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron memberikan gambaran bahwa KPK berencana membuat forum khusus untuk capres yang bertarung di Pilpres 2024. Forum ini dijadwalkan digelar pada awal atau pertengahan Januari 2024.

Baca juga : Bamsoet Ajak Masyarakat Menilai Program Kerja dalam Debat Capres-Cawapres

“KPK akan mengadakan momen sendiri, bukan debat tapi kita akan bikin momen bagaimana visi misi dia dalam perspektif memberantas korupsi. Kami akan mengundang di sekitar awal atau pun pertengahan Januari," tutur Gufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (15/12/2023).

Menurut Ganjar, inisiatif ini menunjukkan komitmen untuk membawa isu anti korupsi ke dalam panggung politik dan memberikan ruang bagi calon presiden untuk menyampaikan visi dan program mereka dalam memberantas korupsi di Indonesia.

“Ganjar sudah melakukan itu 10 tahun. Mboten korupsi, mboten ngapusi” pungkas mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Seperti yang telah disiarkan, pada debat Capres perdana Selasa lalu, Capres berambut putih ini telah memaparkan upaya pengesahan RUU Perampasan Aset hingga menempatkan koruptor di Nusa Kambangan sebagai efek jera untuk para koruptor.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.