Dark/Light Mode

Soal Petugas Partai, Ganjar: Saya Independen Dan Tidak Didikte Partai

Senin, 18 Desember 2023 06:56 WIB
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (Foto : ist)
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menegaskan dia aka independen jika dipervaya rakyat menjadi Presiden 2024 meski kerap kali disebut sebagai petugas partai.

Hal itu dikatakan Ganjar saat ditanya mengenai independensi dalam memimpin. Ganjar menjawab tegas dia sangat independen dan amanah dan tidak akan menurut begitu saja pada perintah ketua partai.

Baca juga : Kontrak Politik Ganjar: Upah Layak Dan Jamsos Guru Pesantren

“Saya sangat independen ketika kemudian mendapatkan amanah, dan seluruh pejabat publik disumpah menggunakan kitab sucinya bahwa dia akan menjalankan konstitusi. Jadi buat saya, rakyat yang nomor 1. Saya akan sangat independen untuk menentukan semuanya,” kata Ganjar dalam keterangan tertulinsya, Minggu (17/12/12)

Ganjar menyinggung, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merupakan petugas partai. Adapun terminologi petugas partai merupakan realitas yang dihadapi semua kader partai jika ingin menempati jabatan publik.

Baca juga : PPP Pastikan Ganjar-Mahfud Pertajam Pengetahuan Untuk Hadapi Debat Selanjutnya

"Kalau cerita petugas partai, Pak Jokowi, saya kira dulu juga petugas partai. Sama, sebenarnya itu di istilah internal kami saja," jelas Ganjar.

Terminologi petugas partai hanya digunakan oleh internal partai. Namun, ketika memiliki jabatan publik, Ganjar mengatakan dirinya memiliki independensi sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode.

Baca juga : Pemberantasan Mafia Bola Tak Pandang Bulu, Erick: Saya Dan PSSI Siap Diperiksa

"Ketika di jabatan publik, saya umpannya memiliki independensi dan saya buktikan itu selama 10 tahun menjadi gubernur tanpa intervensi dan saya terbiasa dikritik oleh partai sendiri," terangnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.