Dark/Light Mode

LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Ungguli Anies-Imin & Ganjar-Mahfud di Parpol Besar

Selasa, 19 Desember 2023 19:42 WIB
Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei elektabilitas Capres-Cawapres terbaru. Hasilnya, Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul di suara pemilih dari sejumlah parpol besar, dibandingkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Prabowo-Gibran unggul di Gerindra dan Golkar. Di Gerindra, yang memilih ada 83,4 persen, artinya sudah cukup selaras dengan arah partai. Golkar ada 59 persen yang memilih Prabowo-Gibran," ujar Direktur Citra Publik Indonesia (CPI) LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas, dalam siaran pers virtual, Selasa (19/12).

Baca juga : Tanduk Banteng Keluar, Targetkan 70 Persen Suara Ganjar-Mahfud Di Jateng

Sedangkan Ganjar-Mahfud terlihat hanya unggul di suara pemilih dari PDIP, sebanyak 75,6 persen. Sementara, di Gerindra hanya mendapat angka 3,5 persen dan Golkar 12,9 persen.

"Kemudian dari pemilih PDIP masih ada yang memilih Prabowo-Gibran sebesar 15,9 persen," jelas Hanggoro.

Baca juga : PSI: Prabowo-Gibran Penerus Pembangunan Presiden Jokowi

Tak hanya itu, Prabowo-Gibran juga unggul dibandingkan Ganjar-Mahfud di PKB dan PKS. Hanggoro mengungkapkan, sebanyak 33,2 persen pemilih Prabowo-Gibran dari PKB dan 10,7 persen dari PKS. Sementara suara pemilih dari kedua partai tersebut untuk paslon nomor 3 Ganjar-Mahfud, yakni 24,1 persen dari PKB dan hanya 2,1 persen dari PKS.

Selain itu, untuk paslon nomor 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Imin) unggul di PKB dengan 41,2 persen dan 85,8 persen dari PKS. Kendati demikian, untuk di tiga parpol besar lainnya pasangan ini tetap kalah dari Prabowo-Gibran. Anies-Imin hanya mendapat 4,4 persen di Gerindra, 7,3 persen di PDIP, dan Golkar 21,4 persen.

Baca juga : G-Nesia Kampanyekan Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran ke PMI di Malaysia

Survei LSI Denny JA bertajuk "Akhir Dominasi PDIP di 2024" ini dilakukan pada 20 November-3 Desember 2023 terhadap 1.200 responden yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah yang memiliki hak pilih. Metode sampling survei adalah multi-stage random sampling. Survei LSI Denny JA ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode tatap muka dengan kuesioner. Margin of error survei ini plus minus 2,9 persen. Survei juga dilengkapi dengan riset kualitatif.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.