Dark/Light Mode

Dialog Bareng Diaspora NTT, Mahfud Janjikan Pemerataan Pembangunan Di Timur Indonesia

Rabu, 20 Desember 2023 09:36 WIB
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (tengah) menghadiri acara dialog Diaspora NTT di Rumah Aspirasi Ganjar-Mahfud Jalan Diponegoro 72, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2023) malam. (Foto: Istimewa)
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (tengah) menghadiri acara dialog Diaspora NTT di Rumah Aspirasi Ganjar-Mahfud Jalan Diponegoro 72, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2023) malam. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD menghadiri acara dialog Diaspora NTT di Rumah Aspirasi Ganjar-Mahfud Jalan Diponegoro 72, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2023) malam.

Mahfud didampingi Wakil Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Andi Gani Nena Wea.

Mahfud tampak mengenakan kemeja hitam bercorak dan kain tenun putih khas NTT yang dikalungkan di lehernya.

Mahfud disambut meriah oleh para relawanm Kedatangannya langsung disambut dengan tarian khas NTT.

Baca juga : Bela Petani, Ganjar Ingin Produksi Tembakau Di Indonesia Meningkat

"Ganjar-Mahfud menang satu putaran. Beta 100 persen NTT, 100 persen Ganjar-Mahfud," teriak para relawan NTT sambil menegakkan salam tiga jari.

Mahfud menuturkan, soal pemerataan pembangunan di NTT. Mahfud menegaskan, seluruh daerah di Indonesia berhak mendapat keadilan dan pemerataan pembangunan.

"Setiap wilayah termasuk NTT memiliki hak yang sama atas pembangunan, kesejahteraan dan kemajuan. Perbedaan lokasi geografis perbedaan suku dan budaya tidak boleh melahirkan perbedaan akses terhadap pembangunan dan kesejahteraan," tuturnya.

Ia mencontohkan pada aspek ekonomi. Pertumbuhan ekonomi 80 persennya disumbang oleh wilayah barat Indonesia. Hanya sekitar 20 persen pertumbuhan ekonomi yang bersumber dari wilayah Indonesia bagian timur.

Baca juga : Prabowo: Pedagang Pasar Tradisional Punya Peran Penting Bagi Ekonomi Indonesia

"Inilah yang mengakibatkan beberapa wilayah masih ada kondisi di bawah rata-rata nasional. NTT Ini ke depan tentu harus diubah," ujar Mahfud.

Mahfud menilai, akar masalah terjadinya ketimpangan pembangunan adalah korupsi.

Kalau korupsi tidak diberantas, kata Mahfud, maka pertumbuhan ekonomi tidak akan pernah mencapai maksimal.

"Lewat Departemen Kehutanan, korupsi di hutan. Naik kapal di laut, Mahfud mengaku telah mempelajari sedikitnya empat sektor penting yang harus diperhatikan dalam pertumbuhan ekonomi yakni besarnya belanja Pemerintah, konsumsi masyarakat, kegiatan ekspor impor, serta digitalisasi.

Baca juga : Dialog Bareng Petani Magelang, Ganjar Siap Tambah Kuota Pupuk Subsidi

"Di empat sektor sumber pertumbuhan ekonomi masyarakat, tapi korupsinya terlalu banyak," kata Mahfud.

Sementara, Andi Gani mengatakan, visi misi pasangan Ganjar-Mahfud memang mengutamakan pemerataan pembangun. Termasuk wilayah NTT. "Pasangan Ganjar-Mahfud memantapkan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus tidak hanya mengejar pertumbuhan ekonomi dan peningkatan daya saing, namun juga pemerataan hasil-hasil pembangunan di luar Pulau Jawa," jelas Andi Gani.

Untuk diketahui, masyarakat Diaspora Nusa NTT se-Jabodetabek menyatakan dukungan pada Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024.

Pasangan Ganjar-Mahfud dianggap punya perhatian besar pada daerah-daerah Timur Indonesia termasuk NTT. Ganjar Pranowo mengawali kampanye Pilpres 2024 dengan mengunjungi daerah Timur Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.