Dark/Light Mode

Ketiga Cawapres Diyakini Mampu Tampil Gemilang Di Debat Kedua

Rabu, 20 Desember 2023 20:34 WIB
Pengamat ekonomi digital Heru Sutadi meyakini ketiga Cawapres, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming dan Mahfud MD memiliki strategi masing-masing dalam debat Cawapres pada Jumat (22/12/2023). (Foto: Istimewa)
Pengamat ekonomi digital Heru Sutadi meyakini ketiga Cawapres, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming dan Mahfud MD memiliki strategi masing-masing dalam debat Cawapres pada Jumat (22/12/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat ekonomi digital Heru Sutadi meyakini ketiga Cawapres, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming dan Mahfud MD memiliki strategi masing-masing dalam debat Cawapres pada Jumat (22/12/2023).

Kendati demikian, Heru menilai Gibran lebih diuntungkan. Sebab, Gibran memiliki pengalaman dalam mengelola bisnis maupun anggaran dalam kapasitasnya sebagai Wali Kota Solo.

“Cawapres tentu memiliki strategi dan pengalaman berbeda. Ini yang perlu dielaborasi, keberhasilan dan kegagalannya,” kata Heru, Rabu (20/12/2023).

Baca juga : Angkat Tema Ekonomi, Gibran Dinilai Mampu Tampil Gemilang

Terkait dengan ekonomi digital, Heru mengatakan, potensinya sangat tinggi.

“Potensi ekonomi digital kita tinggi, tapi tantangan juga besar. Bagaimana strategi kita bisa menjawab tentang infrastruktur internet broadband yang belum merata, keamanan siber dan keamanan data,” kata Heru.

Perkara keamanan siber menjadi salah satu hal yang ingin didengar masyarakat dalam debat Cawapres mendatang.

Baca juga : Berlatar Belakang Pengusaha, Gibran Diyakini Bakal Unggul Debat Cawapres

“Juga UMKM kita yang belum semua terdigitalkan. Itu beberapa yang ingin kita dengar dalam debat Cawapres mendatang,” sebut Heru.

Peluang dan tantangan ekonomi digital hari ini kian beragam. Ada yang mereguk sukses, ada juga yang berjibaku.

Lalu ada juga masalah pinjaman online yang merajalela, judi online dan membanjirnya produk asing di era e-commerce yang bersifat borderless.

Baca juga : TKN Tegaskan Debat Cawapres Bukan Soal Menang Dan Kalah

Kompleksnya peluang dan tantangan ekonomi digital harus bisa dielaborasi oleh para Cawapres.

Diketahui, debat kedua akan diselenggarakan khusus untuk tiga Cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Pada Jumat, 22 Desember 2023, para Cawapres akan unjuk kebolehan dan penguasaan atas isu-isu ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.