Dark/Light Mode

Dapil Sumatera Selatan 1

Politisi Lokal Bisa Naik Kelas

Kamis, 21 Desember 2023 07:50 WIB
Dapil Sumatera Selatan 1 Politisi Lokal Bisa Naik Kelas

 Sebelumnya 
Selain Anita, Golkar juga memasang mantan Pangdam II Sriwijaya Letjen (Purn) Sudirman. Ditambah lagi mantan Bupati Muratara Syarif Hidayat yang nyaleg dari Golkar. Majunya Anita, Sudirman dan Syarif maka bisa dipastikan Golkar mengincar lebih dari satu kursi dari Dapil Sumsel I.

Selain nama-nama yang punya popularitas di kalangan pemilih lokal, Dapil Sumsel I juga dimeriahkan presenter kondang, Helmy Yahya. Dia maju sebagai Caleg nomor urut 1 dari PSI. Sekalipun PSI minim suara di Sumsel, tapi nama Helmy dianggap menjadi daya tarik bagi pemilih.

Melihat dinamika kekuatan di Dapil Sumsel I, Anita tidak khawatir. Anita tetap optimis bisa bersaing dengan muka lama maupun baru. Dia bilang, seluruh partai memiliki strategi guna meraih kursi Senayan. Tanpa harus gesek-gesekan dengan rekan separtai.

Baca juga : Dzikir Dan Sholawat Warnai Kegiatan Literasi Digital Di Nganjuk

“Saya mendampingi Pak Kahar yang sudah 4 sampai 5 periode di DPR, itu memang juga perintah beliau untuk mencari suara sebanyak-banyaknya. Pastinya ada pembagian kavling, di mana saya akan memperkuat dapilnya (Pak Kahar) selama ini (Palembang). Artinya kita punya strategi yang tidak bergesekan,” tutur Anita.

Terpisah, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengimbau kepada seluruh petahana agar mengikat kuat-kuat basisnya. Sebab, Dapil Sumsel I diisi oleh muka-muka baru yang punya popularitas secara lokal maupun nasional.

“Dalam situasi ini, petahana masih mungkin bertahan, kecuali PDIP yang memang kehilangan sosok dominan di Pemilu 2024,” tukas Dedi, Rabu (20/12/2023).

Baca juga : Prabowo Enggan Jadi Politisi Omdo, Umbar Janji Tak Ditepati

Menurut Dedi, 2024 menjadi Pemilu cukup berat bagi PDIP. Kandidat petahananya belum meyakinkan bisa lolos kembali. Mengingat pendatang baru cukup kuat.

“Misalnya saja hadirnya kader Golkar Syarif Hidayat yang dalam catatan IPO punya basis suara cukup kuat di Musi Rawas Utara, Lubuk Linggau dan Musi Rawas, ini bahkan menjadi ancaman bagi petahana PDIP yang sama-sama bertarung di wilayah tersebut,” pungkas dia.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 21/12/2023 dengan judul Dapil Sumatera Selatan 1, Politisi Lokal Bisa Naik Kelas

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.