Dark/Light Mode

Malam Ini Debat Cawapres

Imin Siapkan Selepetan, Gibran Nonton Komedian, Mahfud Baca-baca Koran

Jumat, 22 Desember 2023 08:32 WIB
Dari kiri: Gibran Rakabuming Raka, Mahfud MD, dan Muhaimin Iskandar, saat pengundian nomor urut Capres-Cawapres. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Dari kiri: Gibran Rakabuming Raka, Mahfud MD, dan Muhaimin Iskandar, saat pengundian nomor urut Capres-Cawapres. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Malam ini, Muhaimin Iskandar (Imin), Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD akan debat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Sehari sebelum debat, ketiga Cawapres ini melakukan persiapan berbeda-beda. Imin sibuk menyiapkan peluru "selepetan", Gibran nyantai dengan menonton komedi, Mahfud cari referensi dengan baca-baca koran.

Imin sangat serius mempersiapkan diri menghadapi Debat Cawapres ini. Beberapa hari terakhir, dia mempelajari kembali visi-misinya bersama Anies Baswedan.

"Iya yang saya persiapkan membaca lagi visi misi AMIN (Anies-Muhaimin),” ungkap Ketua Umum PKB ini, usai konsolidasi Timnas AMIN di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Imin merasa kedua lawan debatnya sama-sama memiliki pengalaman. Dia pun agak gugup. "Ya ada deg-degan sih he-he. Sama-sama deg-degan, mereka orang-orang pengalaman," ucapnya.

Dia lalu menyampaikan pujian kepada Gibran. Imin menilai, Gibran kaya pengalaman dari tema debat kali ini yang berkaitan dengan ekonomi digital.

"Kita tahu Mas Gibran punya pengalaman Wali Kota, Mas Gibran punya jejak rekam pengusaha sukses, Mas Gibran juga punya pengalaman jadi Wali Kota yang berhasil. Tentu Pak Gibran punya kekuatan yang harus kita juga hati-hati," ungkap Cak Imin.

Soal selepetan, diungkap Ketua DPP PKB Daniel Johan. Dia pede, Imin akan tampil prima dalam Debat Cawapres. Imin juga siap mengeluarkan selepetan-selepetan khasnya selama ini.

Baca juga : Gibran Dinilai Lebih Jago Soal Ekonomi, Mahfud MD: Ya Mungkin Saja

"Akan ada selepetan-selepetan khas Cak Imin yang penuh humor menyegarkan tapi tetap substantif menyentuh tema-tema debat," ucap Daniel.

Juru Bicara Muda AMIN Jawa Timur, Regina Nadya Suwono menyatakan hal yang sama. Dia menyebut, Imin telah menyiapkan jurus selepetan untuk menghadapi Gibran dan Mahfud. "Kami tidak menyerang ya, tapi kami selepet," kata Regina, Kamis (21/12/2023).

Selepet yang dimaksud ialah mengkritisi gagasan yang akan disampaikan Gibran dan Mahfud. "Gus Imin akan menyelepet beberapa gagasan ataupun janji-janji yang dianggap tak realistis," tambah Regina.

Gibran juga sangat siap menghadapi debat nanti malam. Putra sulung Presiden Jokowi ini mengaku telah mendapat masukan dari Tim Kampanye Nasional (TKN) mengenai yang bakal dipaparkan di debat malam ini. "Ya sudah ada (masukan dari TKN jelang debat)," ucapnya, di Solo, Kamis (21/12/2023).

Namun, Wali Kota Solo ini enggan mengungkapkan secara rinci apa saja masukan dari TKN itu. "Rahasia," singkat dia.

Wakil Ketua Erwin Aksa membocorkan, Gibran dibantu tiga tim selama latihan Debat Cawapres. "Persiapan dalam debat penting sekali untuk performance. Mas Gibran terima banyak masukan," kata Erwin, Kamis (21/12/2023).

Erwin menyebutkan, ketiga tim yang terlibat selama Gibran latihan debat yakni Tim dari Staf Khusus Kementerian Koordinator Perekonomian Irfan Wahid atau Gus Ipang, Tim dari Komandan TKN Bidang Komunikasi Budisatrio Djiwandono, dan tim Dewan Pakar TKN. "Tim Gus Ipang, Tim Budi Djiwandono, dan Tim Pakar," tuturnya.

Baca juga : Jelang Debat Cawapres, Kaesang Akan Dukung Gibran Lewat Doa 

Pernyataan agak berbeda disampaikan Sekretaris TKN Nusron Wahid menyatakan. Kata dia, Gibran sudah siap sejak KPU menjadwalkan debat pertama yang merupakan jatah bagi Capres. "Untuk debat kedua ini (Gibran) sudah sangat siap, wong debat pertama saja sudah siap apalagi debat kedua," ucapnya.

Politisi partai Golkar itu memastikan, tak ada persiapan khusus dari Gibran dalam menghadapi debat. Dia bilang, persiapan Gibran hanyalah makan yang enak dan tidur yang nyenyak.

"Tidak ada training-trainingan (debat), pokoknya persiapannya makan yang enak, tidur yang nyenyak, ketawa yang banyak," jelasnya.

Wakil Ketua TKN Silfester Matutina menyatakan hal yang sama dengan Nusron. Pihaknya menyarankan Gibran menyiapkan stamina dan rileks. "Kami menyarankan Mas Gibran untuk makan yang enak-enak, istirahat, terus jaga kesehatanlah. Intinya rileks, banyak nonton yang humor-humor, gitu," kata Silfester, Kamis (21/12/2023).

Mahfud MD juga sibuk mempersiapkan debat. Menko Polhukam ini mengaku rajin membaca isu-isu terkait dengan perekonomian. Salah satunya, membaca koran.

“Persiapannya, baca-baca soal ekonomi begitu kan, baca-baca di koran wah ini bicara apa, oh infrastruktur, oh ekonomi, ini suku bunga, ini soal inflasi. Itu kan semua ada di koran,” papar Mahfud.

Mengenai Gibran yang lebih paham ekonomi, Mahfud nggak ambil pusing. "Pokoknya saya siap, saya nggak harus tahu dia sosok yang seperti apa,” ucap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini.

Baca juga : Imin-Mahfud Sudah Siap, Gibran Janji Tak Irit Bicara

Menurut Mahfud, setiap kandidat mempunyai bakat, talenta, dan kemampuan masing-masing dalam menguasai suatu isu. “Jadi iya, saya siap 100 persen,” tegas dia.

Untuk teknis debat, Ketua KPU Hasyim Asy'ari menerangkan, Gibran menjadi yang pertama memaparkan visi misi. Alasannya karena di debat Capres perdana, Anies Baswedan yang merupakan Capres nomor 1, mendapatkan kesempatan pertama. Di debat Cawapres, posisinya digilir.

"Pada debat kedua nanti, visi misi program akan dimulai oleh Cawapres nomor urut 2, dan seterusnya," ucap Hasyim, di Kantor KPU, Kamis (21/12/2023).

Untuk debat ketiga, kata Hasyim, Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, yang akan menyampaikan pemaparan visi-misi yang pertama.

Hasyim juga menjelaskan, Cawapres diperbolehkan membawa kertas dan alat tulis ke podium saat debat. "Hasil rapat dengan tim pasangan beberapa waktu lalu, ada usul sekarang pakai podium. Di Podium itu diberikan kesempatan untuk menyiapkan alat tulis, pulpen, dan kertas," imbuh Hasyim.

Akan tetapi, peserta debat tidak diperbolehkan membawa alat bantu elektronik saat debat berlangsung. "Semisal tablet atau yang lain-lain tidak diperbolehkan. Jadi alat bantu yang diperbolehkan yang disepakati adalah alat tulis berupa kertas dan pulpen," tuturnya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Jumat (22/12), dengan judul "Malam Ini Debat Cawapres: Imin Siapkan Selepetan, Gibran Nonton Komedian, Mahfud Baca-baca Koran".

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.