Dark/Light Mode

Debat Cawapres, Ganjar-Mahfud Pakai Baju Adat Rote Dan Madura, Ini Filosofinya

Jumat, 22 Desember 2023 20:06 WIB
Penampilan Ganjar-Mahfud dalam Debat Cawapres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: YouTube)
Penampilan Ganjar-Mahfud dalam Debat Cawapres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada yang berbeda dari penampilan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam Debat Cawapres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam.

Baju Rote Ganjar

Dalam Debat Cawapres 2024, paslon nomor urut 03 ini tampil dengan balutan busana tradisional. Ganjar memakai pakaian adat Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga : Parpol Koalisi Yakin Mahfud Kuasai Tema Ekonomi

Ganjar memakai kemeja putih yang digulung 7/8, dengan celana panjang hitam yang dilapis kain tenun sepanjang 7/8. Serta selendang tenun yang disilangkan di dada, dari arah kanan. Lengkap dengan kalung dan ikat pinggang warna kuning emas. Juga topi khas Rote, Ti’i Langga yang menyerupai topi Meksiko.

Filosofi Baju Rote

Tak hanya indah, pakaian adat Rote dari NTT ini ternyata juga memiliki makna dan filosofi yang mendalam. Bagian tegak dan runcing pada topi Ti'i Langga bukan tanpa arti. Bentuk topi ini menggambarkan sifat orang Rote yang cenderung bertekad keras.

Baca juga : Cara Ganjar-Mahfud Bantu Rakyat, Canangkan KTP Sakti

Menariknya lagi, topi khas masyarakat Rote dibuat dari bahan dasar daun lontar. Daun lontar kering ini dipercaya sebagai simbol kewibawaan dan simbol kepercayaan bagi kaum laki-laki Rote.

Baju Pesaan Mahfud

Sementara Mahfud, memakai baju Pesaan, pakaian laki-laki khas kampung halamannya: Madura. Dia mengenakan kaos warna belang merah putih, yang dilapisi kemeja longgar warna hitam, dengan bawahan celana gombrang yang disebut gomboran.

Baca juga : Elite Perindo Pede Ganjar-Mahfud Raup 75 Persen Suara Di Jatim, Ini Alasannya

Baju ini sering diidentikkan dengan baju tukang sate, lantaran sering digunakan oleh para penjual sate Madura.

Filosofi Baju Pesaan

Bentuk baju Pesaan yang longgar ini merupakan cerminan karakter warga Madura, yang sangat menghargai kebebasan. Sedangkan kaos berwarna belang, mengagmbarkan mental pejuang, tegas, dan pemberani yang dimiliki masyarakat Madura.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.