Dark/Light Mode

Temui Pelaku Usaha Di Pantura, Anies Tawarkan Program Tol Berkeadilan

Sabtu, 23 Desember 2023 19:57 WIB
Capres Anies Baswedan berbincang dengan para pelaku usaha di Pantura. (Foto: Ist)
Capres Anies Baswedan berbincang dengan para pelaku usaha di Pantura. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menemui sejumlah pelaku usaha di Pantura yang omzetnya menurun setelah beroperasinya jalan tol. 

Pertemuan ini dilangsungkan di Rumah Makan Abah pada Sabtu (23/12/2023). Pada kesempatan itu, para pelaku usaha di Pantura mengeluhkan sepinya pembeli pasca adanya jalan tol.

"Dulunya rumah makan kami ramai, tapi semenjak ada jalan tol jadi sepi. Sekarang kalau ada yang makan, paling cuma 1 orang. Lama-lama ini tidak menutup, sedangkan kami masih harus beli beras, bayar listrik," curhat pelaku usaha rumah makan, Ibu Nurdaeni.

Baca juga : Laris Di TikTok, Bella Shofie Targetkan Produknya Go Global

Tidak hanya restoran, usaha bengkel yang semula bisa meraup omzet hingga 50 juta, sekarang tak lagi menyentuh angka tersebut. Hal ini membuat si pemilik usaha menyerah dan beralih usaha.

Mendengar keluhan ini, Anies pun menyampaikan sejumlah solusi. Solusi tersebut hadir dalam program Tol Berkeadilan.

"Pembangunan jalan tol itu, mau tidak mau, tetap berlanjut. Di sisi lain, dibutuhkan alternatif untuk pelaku usaha sekitar," paparnya.

Baca juga : Terima Kunjungan Timnas AMIN, Istri Anies Dukung Program 1 Ibu Selusin Suara

Gubernur Jakarta periode 2017-2022 itu lantas menyebut tiga hal yang menjadi fokus dalam program Tol Berkeadilan. Pertama, memprioritaskan usaha makanan lokal untuk masuk ke rest area.

"Kedua, tanah yang dijadikan tol itu harus dihitung sebagai penyertaan modal. Karena kalau dikasih uang banyak dalam waktu singkat, ya habis begitu saja," jelasnya.

Terakhir, sambung Anies, jalan-jalan tak berbayar juga harus diperhatikan. Dengan begitu, jalan yang tadinya sepi karena rusak, bisa kembali ramai.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.