Dark/Light Mode

Pasca Debat Cawapres, Pakar Digital Puji Gibran Rakabuming Raka

Minggu, 24 Desember 2023 18:04 WIB
Cawapres Gibran Rakabuming Raka saat debat Cawapres di Jakarta Jumat (22/12/2023). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Cawapres Gibran Rakabuming Raka saat debat Cawapres di Jakarta Jumat (22/12/2023). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pakar Digital Muhammad Arif memberikan apresiasi terhadap penampilan Gibran Rakabuming, Cawapres nomor urut 2 dalam Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024 yang diadakan oleh KPU di Jakarta Convention Center, Jumat (22/12/2023).

Gibran dalam debat tersebut menyoroti pentingnya pengembangan hilirisasi digital dalam mencapai tujuan Indonesia Emas 2045. Ia juga menekankan pentingnya melanjutkan dan menyempurnakan program pembangunan untuk menyetarakan Indonesia dengan negara maju.

Muhammad Arif menyatakan bahwa komitmen Gibran terhadap hilirisasi digital merupakan elemen kunci untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045.

"Saya kaget ketika mas Gibran mengungkapkan detail soal hilirisasi digital, pasalnya Gibran tau betul bagaimana membangun ekosistem digital yang positif, yakni dengan menumbuhkan talenta yang memiliki keterampilan masa depan atau ia sebut 'future skill'," kata Muhammad Arif kepada media setelah menyaksikan debat tersebut.

Baca juga : Setelah Debat Cawapres, Medsos Makin Berisik

Muhammad Arif, yang juga merupakan Ketua Umum APJII, menyebutkan bahwa pembahasan ekonomi digital oleh Gibran sangat relevan dengan situasi anak muda saat ini dan menjadi faktor kunci.

"Soal ekonomi digital yang dijelaskannya juga relevan dengan kondisi anak muda sekarang, sekaligus jadi faktor kunci," tambahnya.

Lebih lanjut, Muhammad Arif menilai bahwa penampilan Gibran dalam debat tersebut sangat mengesankan dan melebihi ekspektasi banyak pihak.

"Debat malam tadi memutar balikkan ekspektasi orang-orang yang tidak suka sama Gibran selama ini," ujarnya.

Baca juga : Meutya : Mas Gibran Sampaikan Gagasan Ekonomi Yang Kuat Dengan Gaya Teknokrat

Muhammad Arif juga memperhatikan kesantunan Gibran yang terlihat ketika ia menunjukkan rasa hormat kepada dua kandidat lain dengan mencium tangan mereka.

"Sopan santun sangat tepat disematkan kepada Gibran melihat penampilannya dalam debat malam ini," pungkas Muhammad Arif.

Gibran Ramai Diperbincangkan
Data Drone Emprit menunjukkan, selama tiga hari terakhir, Gibran Rakabuming mendominasi perbincangan netizen mengenai calon wakil presiden. Cawapres kedua Gibran inilah yang senantiasa memimpin tren perbincangan dari ketiganya. 

Mahfud MD di posisi terakhir, disusul Muhaimin Iskandar, kata Ismail Fahmi, pembuat Drone Emprit.

Baca juga : Pakar Politik UI: Debat Cawapres, Gibran Membalikkan Situasi

Gibran Rakabuming terkenal karena 114.405 pembicaraannya di media sosial dan media online. Mahfud MD berada di peringkat ketiga dengan 31.768 kontak, disusul Muhaimin Iskandar di peringkat kedua dengan 50.705 pembicaraan.

Di media online, Gibran Rakabuming menjadi orang yang paling disukai (55%), disusul Mahfud MD (20%) dan Cak Imin (25%). 

Posisi teratas masih dipegang Gibran di X dengan share 58%, disusul Mahfud MD (16%) dan Cak Imin (26%).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.