Dark/Light Mode

Gibran Beri Kesempatan Anak Muda Berani Tampil Dan Ikuti Inkubasi Bisnis

Senin, 25 Desember 2023 19:32 WIB
Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ist)
Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gibran Rakabuming Raka mendorong anak muda yang berminat terjun ke dalam industri kreatif untuk mengambil bagian dalam program inkubasi bisnis. Pesan ini disampaikan oleh Gibran saat kunjungannya ke Kota Manado, Sulawesi Utara, Minggu (24/12/2023).

“Memang biasanya harus didampingi dulu. Ikut inkubasi bisnis cara mengatur cash flow segala macam. Bahaya kalau belum pernah ikut,” kata Gibran.

Pernyataan Gibran merespon harapan salah satu peserta yaitu anak muda yang telah memulai usaha namun enggan mengambil pinjaman besar karena masih memikirkan potensi risiko dan kerugian yang mungkin timbul.

Gibran berkomitmen untuk mengintegrasikan masukan dari para pelaku industri kreatif dengan merencanakan penambahan pusat kreatif atau creative hub. 

Baca juga : Airlangga Dengerin Curhatan Petani Tembakau Kesulitan Akses Pupuk Subsidi

Tempat ini tidak hanya akan berfungsi sebagai ruang mentoring, tetapi juga menjadi pusat inkubasi bisnis.
Dia percaya bahwa potensi yang dimiliki oleh anak muda Kota Manado sangat besar dan memiliki peluang yang besar untuk dikembangkan.

“Potensi anak muda muda Manado sangat besar. Hanya perlu lebih berani tampil saja. Saya kira tinggal nunggu timing-nya saja nanti,” lanjut Gibran.  

Dalam acara tersebut, Gibran bertemu dengan beberapa komunitas kreatif yang dipimpin oleh kaum muda. Melalui pertemuan tersebut, Gibran tidak hanya menyaksikan karya-karya yang telah diciptakan, namun juga mendengar serta menyerap semangat dan harapan dari para pemimpin komunitas kreatif tersebut agar dapat tumbuh dan berkembang di masa yang akan datang.

Dengan tema "Gibran Mendengar", sejumlah peserta dari beragam komunitas kreatif, start up, UMKM lokal, pembuat konten, dan lainnya menghadiri pertemuan di Kawasan Wisata Kuliner di Jalan Roda, Manado. 

Baca juga : Liburan, Pemain Asing Persib Mudik Ke Spanyol Dan Belanda

Acara ini berlangsung dalam suasana yang hangat dan penuh keakraban dari pukul 08.00 hingga 12.00 WITA.
Gibran menganggap kunjungannya ke Manado sebagai manifestasi perhatiannya terhadap potensi untuk memajukan wilayah Indonesia bagian timur, terutama melalui sektor kreatif. 

Dia berharap hasil karya dari generasi muda Manado bisa menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi lokal di daerah tersebut dengan mulai mengikuti inkubasi bisnis.

“Bonus demografi hanya akan datang sekali tahun 2045. Jangan sampai kita terjebak middle income trap. Harus dimulai dari sekarang menyiapkan potensi anak-anak muda. 

Jangan sampai telat, kalau nggak Indonesia akan begini-begini saja,” lanjut Gibran.
Dalam kesempatan tersebut, Gibran juga meluangkan waktu untuk menikmati live music yang diisi musisi lokal yakni Teman Klasik dan Makjinia. 

Baca juga : Capai Kesetaraan Pendidikan, Mahfud Tekankan Program Afirmasi

Gibran juga mencicipi aneka kuliner, melihat proses pembuatan kopi, dan memborong produk UMKM lokal yang dipamerkan di lokasi acara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.