Dark/Light Mode

Rentan Termakan Berita Bohong

Petani-Penyadap Getah Karet Siap Ikut Edukasi dan Literasi Hoaks Pemilu

Sabtu, 16 Desember 2023 18:09 WIB
Rentan Termakan Berita Bohong Petani-Penyadap Getah Karet Siap Ikut Edukasi dan Literasi Hoaks Pemilu

RM.id  Rakyat Merdeka - Petani daerah asal Malawitu Nagekeo, Flores Nusa Tenggara Timur (NTT) siap bersinergis dengan penyelenggara pemilu, khususnya dalam menangkal berita hoaks pada Pemilu 2024.

Hal ini mengingat petani adalah kelompok yang rentan termakan isu hoaks terlebih ditahun politik seperti saat ini.

Hal ini diungkapkan Fransiskus X Waja (30) atau yang akrab disapa Andi, salah seorang petani Malawitu asal Boanio di Desa Olaia, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo Flores, NTT.

Baca juga : Berbagai Bidang dan Profesi Siap Antisipasi Hoaks di Pemilu 2024

Dirinya berharap penyelenggara pemilu juga melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat, agar masyarakat tidak mudah termakan isu hoaks.

"Kalau dari sisi petani kami mengharapkan edukasi pemilu dari lembaga penyelenggara dalam hal ini KPU dan Panwaslu baik dalam bentuk sosialisasi langsung maupun menggunakan media reklame," ujar Andi, Sabtu (16/12/2023).

Andi menambahkan, bahwa petani kerapkali menjadi korban dari penyebaran berita hoaks lantaran kurangnya verifikasi informasi terutama dari media digital dan medsos.

Baca juga : Pertamina EP Pendopo Field Luncurkan Program Gemilang

"Hal ini dipengaruhi oleh keadaan petani yang cenderung pasif, dalam menerima informasi dari sumber sumber diatas tanpa mengkroscek kebenarannya," tuturnya.

Petani muda Olaia itu meneruskan harapan, agar penyelenggaraan pemilu yang damai tanpa hoaks bisa berjalan.

Terutama peran sosialisasi dan pengawasan di daerah, harus tanggap untuk membantu petani memilah mana isu dan informasi politik yang benar dan mana yang hoaks.

Baca juga : Cetak Anak Muda Berkualitas, Bang Zaki Siap Wadahi Kegiatan Olahraga Di Jakarta

"Kalau peran sesama petani mensosialisasikan bahaya hoaks tentunya kita hanya menggunakan diskusi dan proses sharing informasi. Sejauh ini langkah ini hanya langkah ini yang bisa dilakukan didalam kelompok proses verifikasi dan sosialisasi informasi bisa dibangun dari referensi referensi perorangan untuk menemukan indikasi hoaks atau bukan" papar Andi.

Andi yang merupakan alumnus salah satu perguruan tinggi di Bandung jurusan Ilmu kominikasi itu juga menambahkan, bahwa di era digitalisasi tentu petani yang dibantu oleh pihak penyelenggara pemilu lebih mudah melakukan cross check informasi.

"Di-era digitalisasi ini kita tentunya bisa lebih mudah melakukan kolaborasi untuk menangkal hoaks. Dengan gadget yang bisa mengakses internet tentu kita bisa merujuk darimana dan oleh siapa informasi itu diberikan. Demikian juga dengan pihak penyelenggara pemilu tentu peka dengan isu isu politik yang beredar dan segera mengklarifikasi ataupun melakukan kontra strategi lainnya guna meredam hoaks dan dampaknya, agar tidak makin menyebar, " tutupnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.