Dark/Light Mode

Formasi Indonesia Moeda Siap Kawal Gerakan Pilpres 2024 Sekali Putaran

Jumat, 22 Desember 2023 23:08 WIB
Kopi Darat Formasi Indonesia Moeda bertajuk Kawal Agenda Rakyat: Pilpres 2024 Sekali Putaran untuk Indonesia Maju yang dilaksanakan di Gori Artisan Coffee, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (22/12/2023). Foto: Istimewa
Kopi Darat Formasi Indonesia Moeda bertajuk Kawal Agenda Rakyat: Pilpres 2024 Sekali Putaran untuk Indonesia Maju yang dilaksanakan di Gori Artisan Coffee, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (22/12/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Koordinator Nasional Formasi Indonesia Moeda (FIM) Syifak Muhammad Yus mendukung penuh gagasan Pilpres 2024 dapat berjalan sekali putaran.

Hal itu dikatakan Syifak dalam kegiatan Kopi Darat (Kopdar) Formasi Indonesia Moeda bertajuk Kawal Agenda Rakyat: Pilpres 2024 Sekali Putaran untuk Indonesia Maju yang dilaksanakan di Gori Artisan Coffee, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (22/12/2023).

Menurut Syifak, Formasi Indonesia Moeda yang merupakan gabungan aktivis gerakan mahasiswa lintas organisasi itu menangkap bahwa gagasan pilpres sekali putaran sudah menjadi agenda rakyat karena realitas politik saat ini mendukung adanya pilpres sekali putaran itu.

Sebab, memiliki tujuan demi persatuan bangsa, mencegah terjadinya perpecahan akibat masifnya hoax atau kabar bohong yang terus menghiasi keseharian masyarakat.

Baca juga : HSS Series 5 Jakarta Targetkan 20 Ribu Pengunjung

"Pilpres 2024 sekali putaran ini kita anggap sudah menjadi agenda rakyat, maka perlu kita dukung dan kawal. Ini demi kepentingan bangsa. Sehingga lebih baik Pilpres ini dituntaskan sekali putaran saja," kata Syifak, dalam keterangannya, Jum'at (22/12/2023).

"Kita tidak boleh berlama-lama hidup dalam perseteruan akibat dari Pilpres ini, supaya tidak berlarut-larut. Sehingga bangsa ini mulai fokus dan berkonsentrasi melanjutkan pembangunan yang sudah dibangun pondasinya oleh Presiden Jokowi," imbuhnya.

Syifak menilai argumentasi gerakan sekali putaran di Pilpres 2024 sangat rasional dan mudah diterima oleh publik. Ia menyebut 3 alasan mengapa Formasi Indonesia Moeda mendukung dan mengawal gagasan itu.

Pertama, hemat waktu. Jika Pilpres 2024 berjalan sekali putaran, maka akan segera diketahui pemenangnya pada Februari 2024, tidak perlu menunggu hingga Juni 2024, dan gejolak politik pilpres segera berakhir.

Baca juga : Diaspora Indonesia Di Eropa Ajak Masyarakat Dukung Ganjar-Mahfud MD Di Pilpres 2024

"Ini menjamin kepastian politik (pengambil kebijakan) dan ekonomi (pelaku usaha), dan agenda rakyat lainnya bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan kata lain, lebih cepat pilpres berakhir (sekali putaran), lebih cepat situasi nasional terhindar dari ketegangan politik yang bisa berujung pada polarisasi dan instabilitas nasional," jelas Syifak.

Kedua, hemat biaya. Apabila pilpres berlanjut pada putaran kedua, maka itu membutuhkan tambahan biaya sebesar kurang lebih Rp 17 triliun. Sebaliknya, apabila Pilpres berlangsung sekali putaran, maka hal itu akan menghemat anggaran.

Anggaran sebesar Rp 17 triliun bisa dikembalikan ke kas negara, dan dapat digunakan untuk kepentingan rakyat, atau dialokasikan untuk program pemerintah lainnya.

Ketiga, Pilpres 2024 sekali putaran akan membuat Indonesia lebih damai untuk mencegah kekhawatiran munculnya potensi polarisasi politik ekstrem yang menajam pada putaran kedua.

Baca juga : Rektor UII: Indonesia Alami Kemunduran Demokrasi

Apalagi melihat dinamika politik terakhir, posisi Anies Baswedan sudah mulai menggeser Ganjar Pranowo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.