Dark/Light Mode

Dapil Sumatera Utara I

Yasonna Ditantang Mantan Wakapolri

Kamis, 28 Desember 2023 08:00 WIB
Dapil Sumatera Utara I Yasonna Ditantang Mantan Wakapolri

RM.id  Rakyat Merdeka - Sumatera Utara (Sumut) I dikuasai PDIP, Gerindra, dan PKS. Pada Pemilu kali ini, PKB, Golkar, dan NasDem ngebet goyang dominasi PDIP dan PKS.

Dapil yang meliputi Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Medan, dan Kota Tebing Tinggi ini telah meloloskan 10 politisi ke Senayan. Partai Gerindra, PDIP, dan PKS, masing-masing mendapat tiga kursi.

Baca juga : Bank Saqu Hadirkan Layanan Digital yang Mudah, Aman dan Menyenangkan

Dari Gerindra ada nama Romo HR Muhammad Syafi’i dan M Husni. Kemudian PDIP ada Sofyan Tan dan Irmadi Lubis. Sedangkan PKS meloloskan Tifatul Sembiring dan Hidayatullah. Sisanya mendapat satu kursi. Meutya Hafid dari Partai Golkar, Prananda Surya Paloh dari Partai NasDem, Mulfachri Harahap dari PAN, dan Hendrik Halomoan Sitompul dari Partai Demokrat.

Dari sisi penantang, PKB jelas mengincar kursi. Buktinya, partai berlambang jagat itu menurunkan Ashari Tambunan mantan Bupati Deli Serdang, Suryani Paskah Naiborhu yang merupakan pariban kandung dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Syahrianto mantan Wakil Bupati Serdang Bedagai.

Baca juga : Bintang 3 Perang Dengan Bintang 2

Golkar juga demikian. Beringin memasang formasi terbaiknya di dapil ini. Di antaranya, mantan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, mantan Kabidkum Polda Sumut Maruli Siahaan dan penyanyi dangdut Sultan Pasha Djorghi.

Sementara NasDem, berniat menambah kursi. Partai yang dipimpin Surya Paloh ini menurunkan mantan Jaksa Agung Muda Intelijen Edwin Pamimpin Situmorang, mantan Wali Kota Medan Rahudman Harahap, mantan Wali Kota Medan Abdillah, mantan Wakapolri Komjen Purn Oegroseno, dan mantan Bupati Serdang Bedagai Soekirman.

Baca juga : Politisi Lokal Bisa Naik Kelas

Gerindra yang telah mendapat dua kursi, tak ingin terdongkel. Partai bentukan Prabowo Subianto ini memasang pengusaha muda Ade Jona Prasetyo dan mantan Anggota DPR Martin Hutabarat. Begitu juga dengan PDIP yang menurunkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, mantan pengacara kondang Ruhut Poltak Sitompul, dan Anggota DPRD Provinsi Sumut Sugianto Makmur

Sedangkan PAN memasang Ibrahim Sakti Batubara mantan Anggota DPR. Sementara Partai Demokrat mengandalkan Ketua DPD Demokrat Sumut Muhammad Lokot Nasution untuk menambah raihan suara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.