Dark/Light Mode

Dapil Jatim IV

Kursi Petahana Diincar Para Milenial

Kamis, 7 Desember 2023 08:00 WIB
Dapil Jatim IV Kursi Petahana Diincar Para Milenial

RM.id  Rakyat Merdeka - Persaingan menuju Senayan melalui Dapil Jawa Timur (Jatim) IV semakin ketat. Dominasi PKB dan PDIP yang biasanya jadi langganan penyumbang kursi terbanyak dari dapil ini, akan diuji. Pasalnya, parpol lain menempatkan sosok milenial untuk bertarung di dapil yang meliputi wilayah Jember dan Lumajang ini.

Pada Pileg 2019 lalu, PDIP kebagian dua kursi. Pertama Arif Wibowo dan kedua Umar Bashor. Begitu juga dengan PKB. Partai besutan Muhaimin Iskandar itu diwakili Syaiful Bahri Anshori dan Nur Yasin.

Baca juga : Yuliandre Darwis Jadi Ketua Pelaksana Munas HIPPI

Sementara, parpol lain hanya memperoleh satu kursi. Bahkan, PAN dan Demokrat gagal meloloskan calegnya ke Senayan dari dapil yang dikenal basis Nahdlatul Ulama ini.

Komposisi serupa, kemungkinan bakal terulang di 2024. Petahana tetap mendominasi. Namun, mereka bukan tanpa perlawanan. Pasalnya, di Pileg 2024, mayoritas pemilih adalah anak muda.

Baca juga : Kandang PKB-NasDem, Diburu Mantan Bupati

Biasanya, anak muda memilih seseorang hanya dari fisiknya. Tentu, ini jadi nilai tambah bagi parpol yang menempatkan caleg mudanya dengan wajah rupawan di Dapil Jatim IV ini.

Gerindra, Demokrat dan PKB adalah tiga parpol yang punya caleg muda di dapil ini. Dari Gerindra ada nama politisi muda Kawendra Lukistian. Sejak 2019, nama Kawendra sudah sering nongol di sejumlah televisi nasional. Sebab, dia pernah menjadi salah seorang fungsionaris Capres-Cawapres tertentu.

Baca juga : 10 Kursi Petahana Jadi Rebutan Wamen, Pentolan Dewa

Kawendra juga terkenal sebagai pemuda kreatif lantaran membawahi Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GeKrafs). Sementara Demokrat menempatkan nama Renanda Bachtar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.