Dark/Light Mode

Dapil Sumsel II

Bintang 3 Perang Dengan Bintang 2

Jumat, 22 Desember 2023 08:00 WIB
Dapil Sumsel II Bintang 3 Perang Dengan Bintang 2

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski masih kuat, Petahana dari Dapil Sumatera Selatan (Sumsel) II harus tetap waspada. Sebab, kursinya mereka tengah dibidik mantan Kabareskrim Polri maupun mantan Kapolda Sumsel.

Wilayah yang masuk Dapil Sumsel II cukup luas. Mulai dari Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Prabumulih, Muara Enim, PALI, Lahat, Pagar Alam, dan Empat Lawan.

Baca juga : 5 Tips Memilih Router Buat Bangunan Luas dan Bertingkat

Dari sembilan kursi yang tersedia, Partai Golkar dan Partai NasDem masing-masing mendapatkan dua kursi. Dua kursi yang didapat Golkar melalui Tofan Maulana dan Bobby Adhityo Rizaldi. Sementara NasDem melalui Irma Suryani dan Sri Kustina. Sayang, Sri Kustina tak lagi maju pada Pileg kali ini.

Adapun sisa kursinya didapat sama rata. PKB meloloskan Bertu Merlas, Sri Meliyana dari Partai Gerindra, Hanna Gayatri dari PAN, Wahyu Sanjaya dari Partai Demokrat, dan Yuyun Gunhar dari PDIP. Yuyun Gunjar juga tak lagi maju dari dapil ini, karena namanya tercatat di Dapil Sumsel I.

Baca juga : Jalankan Skema KPBU, Apriyadi Bikin Muba Terang Benderang

Dari sisi penantang, banyak nama-nama beken. Seperti mantan kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Susno Duadji yang maju dari PKB. Gerindra juga terlihat ingin menambah kursi dengan memasang Ahmad Wazir Noviandi yang merupakan mantan Bupati Ogan Ilir. Begitu juga dengan PAN, yang memplot mantan Bupati OKI Iskandar.

Tanpa Yuyun Gunhar, PDIP masih terlihat kuat. Tercermin dari komposisi caleg yang diturunkan banteng. Seperti Giri Ramanda Nazaputra mantan Ketua DPRD Sumsel yang juga ponakan dari mantan Ketua MPR Taufik Kiemas, Aliandra Pati Gantada mantan Ketua DPRD Sumsel, Meli Mustika istri mantan Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam, dan Kolonel Inf (Purn) Ruslan yang merupakan adik ipar mantan Gubernur Sumsel Herman Deru.

Baca juga : UMKM Asal Aceh Ini Banjir Pesanan Di Beli Lokal 12.12

Meski telah mendapat dua kursi, Golkar dan NasDem terlihat ingin menambah kejayaannya. Beringin coba mencari peruntungan dari Dewi Yustisiana, putri Ketua Komisi XI DPR Kahar Muzakir, dan pengacara artis Aga Khan.

Sedangkan NasDem, menurunkan Hendra Yospin yang merupakan mantan Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi, dan Samantha Tivani putri mantan Gubernur Sumsel Herman Deru.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.