Dark/Light Mode

Ganjar Gagas Program SMK Gratis Untuk Keluarga Kurang Mampu

Senin, 1 Januari 2024 14:15 WIB
Calon Presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo berkomitmen membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) gratis untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu. (Foto: Instagram @ganjarpranowo)
Calon Presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo berkomitmen membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) gratis untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu. (Foto: Instagram @ganjarpranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo berkomitmen membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) gratis untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu.

Rencananya akan dia eksekusi jika memenangi Pilpres 2024 bersama pasangannya, Mahfud MD.

Ganjar yakin program ini akan mewujudkan pemerataan pendidikan di seluruh tanah air. Sekaligus menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul untuk menyongsong Indonesia emas 2045.

Baca juga : Ganjar Bakal Siapkan Anggaran Rp 4 Triliun Untuk Insentif Guru Agama

Ganjar juga optimis program ini bisa dilaksanakan di tingkat nasional. Sebab, dia sudah memprakterkannya di Jawa Tengah dengan mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode.

"Jadi, setelah kita lihat praktik yang sudah berjalan di SMKN Jateng untuk keluarga miskin dan mereka langsung bisa bekerja maka Ganjar-Mahfud berkeinginan untuk menjadikan program itu bisa kita kembangkan secara nasional," kata Ganjar, dalam keterangannya, Senin (1/1/2024).

Ganjar menjelaskan, SMK itu akan didirikan di setiap kabupaten. Sehingga bisa menghasilkan tenaga-tenaga trasmpil sesuai kebutuhan dunia industri.

Baca juga : Tawarkan Program Kesejahteraan, Mahfud Pastikan Bantu Kesulitan Rakyat

"Kalau kita mulai tahun pertama di setiap kabupaten/kota yang bisa menyerap keluarga miskin maka Insyaallah ini akan menjadi program yang secara sistematis bisa mengentaskan kemiskinan serta meningkatkan kualitas SDM kita," ujarnya.

Ganjar menerangkan akan menjadikan program tersebut sebagai prioritas. Karena lapangan pekerjaan masih dibutuhkan oleh generasi muda.

Selain itu, realisasi program tersebut tidak mustahil karena telah dipraktikkan sebelumnya.

Baca juga : Berantas Kemiskinan, Ganjar Launching SMK Gratis Buat Keluarga Miskin

"Program tersebut dampaknya sangat efektif untuk pengentasan kemiskinan di Indonesia," ucap Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.