Dark/Light Mode

Ganjar-Mahfud Canangkan 7 Program Tingkatkan Kualitas Hidup Perempuan

Selasa, 26 Desember 2023 16:49 WIB
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto: Istimewa
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkomitmen menghadirkan tujuh program sebagai bentuk pemberdayaan dan perlindungan perempuan.

Hal itu akan direaliasikan pasangan calon nomor urut tiga itu jika memenangi Pilpres 2024 mendatang.

"Kami yakin tujuh komitmen ini dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia," kata Mahfud, dalam keterangannya, Selasa (26/12/2023).

Pertama, Ganjar-Mahfud bakal mengupayakan legislasi untuk tersedianya lapangan kerja yang mudah diakses untuk kaum perempuan.

Baca juga : Srikandi PLN UIP Jawa Bagian Barat Gelar Program Peningkatan Kesehatan Di Cinere

"Ganjar-Mahfud juga akan memastikan lingkungan kerja yang ramah terhadap kaum perempuan," tambahnya.

Kedua, Ganjar-Mahfud akan berusaha mewujudkan legislasi dan anggaran yang memadai untuk menjamin kesehatan para perempuan yang bekerja dari rumah.

Menurut Mahfud, hal tersebut akan berbentuk akses keikutsertaan dalam BPJS Ketenagakerjaan.

"Kemudian, komitmen untuk menciptakan legislasi dan menyediakan anggaran yang memadai untuk menempatkan satu psikolog di setiap puskesmas di seluruh Indonesia. Hal ini diharapkan dapat menangani permasalahan kesehatan mental yang dialami oleh perempuan, anak, dan masyarakat luas," jelas Mahfud.

Baca juga : Moncer Di Jateng, Ganjar Bakal Terapkan Program Baznas Ke Tingkat Nasional

Keempat, paslon yang diusung PDIP, PPP, Perindo dan Hanura itu akan mewujudkan legislasi dan anggaran yang memadai untuk pembentukan satuan tugas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual.

"Satgas itu akan masuk ke setiap satuan lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta," ucap Menko Polhukam itu.

Kelima, Ganjar-Mahfud berjanji untuk memastikan adanya peningkatan keterwakilan perempuan dalam keanggotaan Badan Perwakilan Desa (BPD), dari satu menjadi tiga anggota perempuan untuk keseluruhan jumlah anggota BPD.

"Selanjutnya, kami akan mendorong keterwakilan perempuan dengan disabilitas di posisi pengambilan keputusan di pemerintahan pada semua tingkatan, dan memastikan legislasi hak-hak asasi perempuan adat, perempuan petani dan perempuan adat atas tanah dan SDA," tegas dia.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Janji Sejahterakan Guru Ngaji, PBNU Kasih Jempol

Komitmen ketujuh, Ganjar-Mahfud berjanji menjamin rasa aman bagi perempuan. Jika terpilih, keduanya akan menciptakan desa, kampung, dan kota yang ramah untuk perempuan dan lansia.

Sebelumnya, Mahfud mencuri perhatian saat mengawali debat Cawapres dengan mengucapkan selamat hari Ibu. Hal tersebut menunjukkan betapa besarnya perhatian Ganjar-Mahfud pada para ibu dan perempuan.

"Mari kita bersujud semuanya, saudara-saudara di seluruh indonesia kepada ibu kita, dalam rangka mengucapkan selamat hari ibu 22 Desember 2023 ini. Sesudah ini kita lanjutkan pengabdian kita kepada ibu Pertiwi," ujar Mahfud, dalam debat Cawapres, Jumat (22/12/2023).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.