Dark/Light Mode

Dampingi Karier Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Mirip Michelle Obama

Selasa, 2 Januari 2024 16:17 WIB
Istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti/Instagram
Istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti/Instagram

RM.id  Rakyat Merdeka - Siti Atikoh Supriyanti saat ini menjadi daya tarik bagi kampanye suaminya, Ganjar Pranowo, Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024.

Tampil sederhana, ramah dan energik, Atikoh selalu berkampanye ke berbagai daerah. Bahkan terjun langsung ke komunitas perempuan, pengajian, pelaku UMKM dan pencinta olahraga di berbagai daerah.

Di mata masyarakat, Atikoh tampil sebagai perempuan yang memberikan nilai tambah pada kampanye Pilpres Ganjar.

Baca juga : Ganjar Pranowo Sampaikan Pentingnya Proses Kreatif Dan Restu Orangtua

Cara bertutur Atikoh yang santun tapi tegas, mengingatkan pada sosok Michelle Obama, istri Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS), Barack Obama.

Saat Obama maju sebagai capres, Michelle berperan sangat penting. Karena tak hanya menjadi pendamping atau istri, juga membantu aktivitas kampanye sang suami.

Obama mengakui Michelle menjadi hal yang paling disukai rakyat Amerika Serikat (AS). Presiden kulit hitam pertama AS itu mengungkapkan bahwa menikahi Michelle menjadi peringkat pertama dalam daftar 100 hal paling populer tentang Obama.

Baca juga : Pilpres 2 Putaran, Ganjar Dan Prabowo Paling Berpeluang

Jika ditelaah, ada beberapa kemiripan Atikoh dengan Michelle. Keduanya sama-sama perempuan cerdas dan menjadi wanita karier. Sebelum akhirnya memutuskan menjadi ibu rumah tangga dan mendampingi suami terjun ke politik.

Atikoh tercatat sebagai Lulusan Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta tahun 1997. Selama masa kuliahnya, Atikoh bekerja sebagai wartawan di Harian Umum Solopos.

"Saya tertarik menjadi wartawan karena Bapak saya pernah bekerja sebagai wartawan dan sering cerita nostalgia ketika jadi wartawan," kata Atikoh di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (2/1/2024).

Baca juga : Riuh Warga Wonosari Klaten Sambut Ganjar Pranowo Menginap Di Rumah Warga

Tamat dari Fakultas Tekonologi Pertanian UGM, Atikoh menikah dengan Ganjar pada September 1999. Di saat bersamaan, Atikoh mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk penempatan di Purbalingga, Jawa Tengah.

Langkah itu ditempuh untuk memenuhi dorongan  keluarganya yang tidak ingin Atikoh tetap berprofesi sebagai wartawan, karena waktunya banyak tersita, sehingga urusan rumah tangga bisa keteteran.

Atikoh kemudian menjadi PNS di Purbalingga, tempat kelahirannya. Dua tahun, tepatnya pada 14 Desember 2001, Atikoh dan Ganjar dikarunia seorang putra yang diberi nama Muhammad Zinedine Alam Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.